Peran Shalat dalam meningkatkan Emotional Quotient siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya

Hidayati, Sri (2011) Peran Shalat dalam meningkatkan Emotional Quotient siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sri Hidayati_D01207145.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kecerdasan emosi siswa yang mengakibatkan kurang konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran. Oleh karena itu, dengan adanya aktifitas shalat berjama’ah di sekolah diharapkan dapat meningkatkan Emotional Quotient siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, jenis penelitian kuantitatif asosiatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket (kuesioner), dan interview (wawancara). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis menggunakan product moment.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dalam menjawab rumusan masalah diantaranya: 1) Bagaimana aktifitas shalat siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya? 2) Bagaimana kualitas Emotional Quotient siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya? 3) Bagaimana peran shalat dalam meningkatkan Emotional Quotient siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya? Yaitu: 1) Bahwa aktifitas shalat siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya termasuk cukup. Hal ini terbukti dengan hasil analisis melalui proses prosentase yang menghasilkan 57%, apabila nilai tersebut dikonsultasikan dengan pernyataan Suharsimi yang memberikan kisaran kriteria antara 56% - 75% berarti cukup. 2) Bahwa Kecerdasan emosi (Emotional Quotient) siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya tergolong cukup. Hal ini terbukti dari hasil analisa prosentase yang menghasilkan 57%, jika nilai tersebut dikonsultasikan dengan pernyataan Suharsimi yang memberikan kisaran kriteria antara 56% - 75% berarti cukup. 3) Bahwa ada korelasi antara aktifitas shalat dalam meningkatkan Emotional Quotient siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 5 Surabaya, dengan perhitungan yang menghasilkan angka 0,202, jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai r product moment berkisar antara 0,200 – 0,399 adalah ada korelasi lemah atau rendah. Dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMP Muhammadiyah 5 Surabaya maupun instansi pendidikan lainnya, yang di dalam instansi tersebut terdapat aktifitas shalat berjama’ah, maka masih perlu diperhatikan lagi shalatnya agar dapat lebih meningkatkan kecerdasan emosi (Emotional Quotient) siswanya

Email: digilib@uinsby.ac.id
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Jazil, Saiful
Uncontrolled Keywords: Shalat; Emotional Quotient
Subjects: Kecerdasan
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Salat > Salat - Hikmah
Salat > Salat Safar
Salat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Dec 2011
Last Modified: 17 Jun 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item View Item