STUDI ANALISIS TENTANG PENERAPAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS PERSIAPAN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-KAMAL KUNIR BLITAR

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Ummahatun (2011) STUDI ANALISIS TENTANG PENERAPAN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS PERSIAPAN DI PONDOK PESANTREN TERPADU AL-KAMAL KUNIR BLITAR. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
absrak.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini menerangkan tentang Studi Analisis Tentang Penerapan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Persiapan di Pondok Pesantren Terpadu Al-Kamal Kunir Blitar.
Terpilihnya judul tersebut di dasakan atas fenomena yang terjadi dalam dunia pendidikan yang mau tidak mau harus menentukan dan merencanakan model pengajaran yang inovatif, terlebih dalam penyusuna kurikulum pembelajaran. Kurikulum adalah merupakan tujuan dan harapan yang diwujudkan dalam bentuk rencana atau program pendidikan untuk dilaksanakan oleh guru disekolah. kurikulum merupakan sarana untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Penyusunan kurikulum harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kondisi peserta didik agar tercipta sebuah kurikulum yang relevan.
Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori deskriptif analitis, yakni sebuah bentuk penelitian yang dilakukan dengan mencari data-data yang sesuai dengan judul dari berbagai sumber. Data-data tersebut kemudian dianalisa dengan cara memeriksa kembali data-data yang sudah ada dan disusun dalam kerangka yang sudah ditentukan dan akhirnya dilakukan analisa data dengan teknik induktif.
Skripsi ini mengupas tentang penerapan kurikulum pendidikan bahasa arab kelas persiapan di pondok pesantren terpadu Al-Kamal Kunir Blitar. Kelas persiapan ini terdiri dari empat kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap sejauh mana penerapan kurikulum yang ada di pondok pesantren tersebut dan dengan harapan bisa diambil manfaatnya untuk penyusunan kurikulum pembelajaran bahasa arab.
Dari hasil pembahasan dalam penelitian ini diketahui bahwa penerapan kurikulum pendidikan bahasa arab yang ada di kelas persiapan pondok pesantren terpadu Al-Kamal kunir blitar cukup efektif untuk mengembangkan potensi peserta didik. Pembelajarannya berlangsung selama 6 bulan atau satu semester. Kurikulum yang diterapkan sangat membantu peserta didik untuk lebih mudah dalam belajar bahasa arab. Siswa mampu berkomunikasi menggunakan bahasa arab dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, UmmahatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab-Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Nov 2011
Last Modified: 25 Feb 2015 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/9028

Actions (login required)

View Item View Item