UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MATERI ISRA’ MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW. DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL BANAT PERENG-SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafilah, Hana (2016) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERCERITA MATERI ISRA’ MIRAJ NABI MUHAMMAD SAW. DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE LEARNING CELL PADA SISWA KELAS IV MI ROUDLOTUL BANAT PERENG-SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (610kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (648kB) | Preview

Abstract

Pada pembelajaran SKI khususnya Materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. yang dilaksanakan di kelas IV MI Roudlotul Banat proses pembelajaran kebanyakan di dominasi oleh guru dan kurang melibatkan keaktifan siswa. Disamping itu, siswa cenderung mengalami kesulitan dalam menceritakan sejarah selama proses pelajaran. Hal tersebut memberikan dampak rendah karena siswa cenderung pasif, hanya mendengarkan penjelasan dari guru dan mengerjakan LKS. Sehingga menyebabkan menurunnya nilai Keterampilan Bercerita.
Rumusan masalah yang dikaji adalah: 1) Bagaimana penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell pada siswa kelas IV dengan materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. di MI Roudlotul Banat Pereng? 2) Bagaimana peningkatan Keterampilan Bercerita dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. pada siswa kelas IV dengan di MI Roudlotul Banat Pereng-Sidoarjo? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskrispikan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell pada siswa kelas IV dengan materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. di MI Roudlotul Banat Pereng 2) Untuk mengetehui peningkatan Keterampilan Bercerita dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell materi Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. pada siswa kelas IV di MI Roudlotul Banat Pereng-Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian tidakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dan menggunakan model Kurt Lewin, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah hasil observasi, wawancara, rubric penilaian performance, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatife tipe The Learning Cell sudah baik. Hal ini terbukti dengan nilai Keterampilan Bercerita yang menunjukkan banyak dari mereka yang mencapai lebih dari standar ketuntasan belajar yang telah ditetapkan, yaitu 75. (2)Bahwa ada peningkatan Keterampilan Bercerita dari siklus I diperoleh rata-rata 72,8 dan siklus II diperoleh rata-rata 79,7 dengan prosentase ketuntasan 60% menjadi 85%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafilah, Hanahananafilah30@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Bercerita; Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe The Learning Cell
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hana Nafilah Hana
Date Deposited: 21 Sep 2016 04:58
Last Modified: 21 Sep 2016 04:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8875

Actions (login required)

View Item View Item