PERILAKU KEBERAGAMAAN ISLAM STUDI PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN PERILAKU KEBERAGAMAAN MAHASISWA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Syaikhoni, Syaikhoni (2014) PERILAKU KEBERAGAMAAN ISLAM STUDI PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN PERILAKU KEBERAGAMAAN MAHASISWA UIN SUNAN AMPEL SURABAYA. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (421kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencari sebuah formula atau instrumen yang tepat untuk mengukur perilaku keberagamaan Islam mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya.
Untuk mencapai tujuan penelitian, kerangka konsepsional yang dibangun adalah bahwa perilaku keberagamaan Islam mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dibangun oleh lingkungan sosial keberagamaan masyarakat tempat tinggal mahasiswa, kegiatan keagamaan mahasiswa, efek media massa, dan pengetahuan agama mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah instrumen pengukuran perilaku keberagamaan Islam mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Jumlah responden sebanyak 600 mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, terdiri dari 120 mahasiswa fakultas tarbiyah, 120 mahasiswa fakultas adab, 120 mahasiswa fakultas dakwah, 120 mahasiswa fakultas syariah, dan 120 fakultas ushuludin dengan memilih jenjang responden adalah sedang duduk di semester 3,5 atau 7. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala Likert (1-5) yang terdiri atas 27 item. Teknik analisis data untuk uji kecocokan model dengan data dan invariansi parameter model antar laten menggunakan Confirmatory Factor Analysis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa instrumen pengukuran perilaku keberagamaan Islam mahasiswa dengan 4 dimensi dan 16 items menunjukkan kecocokan dengan data dan semua item memiliki standardized loading factor yang signifikan dengan berdasar uji SEM (t1.96). ini menunjukkan bahwa instrumen yang dibangun atau 4 dimensi pembentuk perilaku keberagamaan Islam mahasiswa menunjukkan kelayakan sebagai alat ukur, benar-benar mengukur apa yang hendak diukur, dan tidak saling mengukur antar dimensi.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Perilaku; Keberagamaan; Instrumnen; Pengukuran; Mahasiswa; SEM.
Subjects: Psikologi
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 03:22
Last Modified: 17 Feb 2015 03:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item