MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG RELEVAN UNTUK KURIKULUM 2013

Salam, Abdus (2014) MODEL PENILAIAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) YANG RELEVAN UNTUK KURIKULUM 2013. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penulisan tesis ini untuk mengembangkan model penilaian dari kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI sehingga menghasilkan model penilaian yang dapat digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik dari tiga aspek yakni pengetahuan, sikap dan keterampilan. Model penilaian tersebut diantaranya penilaian tes tulis, penilaian penugasan, penilaian tes lisan, penilaian observasi, penilaian diri, penilaian proyek, penilaian praktik, penilaian portofolio dan penilaian jurnal.
Metode yang digunakan pada tesis ini adalah research and development, dimana penelitian dan pengembangan yang dilakukan berupa pembuatan model penilaian yang mengacu pada Permendikbud 81A dan dikembangkan pada mata pelajaran PAI sehingga dihasilkan prototype baru.
Kegiatan yang dilakukan pada penelitian ini dimulai pembuatan draft awal, dilanjutkan validasi oleh praktisi dan diperoleh hasil akhir dari proses validasi. Sedangkan untuk uji cobanya dilakukan mulai dari uji coba perorangan hingga uji coba terbatas.
Dari hasil penelitian ini, diperoleh model penilaian baru pada mata pelajaran PAI pokok bahasan Shalat, namun masih perlu perbaikan lagi. Dalam proses pelaksanaan validasi tidak semua guru memahami model penilaian ini. Oleh sebab itu, jika lembaga pendidikan ingin menerapkan model penilaian ini maka harus menggunakan kurikulum 2013 secara keseluruhan agar hasil dari penilaian ini lebih optimal.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Penilaian Pendidikan; Pengetahuan; Sikap; Keterampilan; Kurikulum 2013;
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 02:51
Last Modified: 17 Feb 2015 02:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/881

Actions (login required)

View Item View Item