Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan soal terbuka (Open Ended) Kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya pada materi Pendidikan Agama Islam

Umamah, Siti (2011) Analisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan soal terbuka (Open Ended) Kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya pada materi Pendidikan Agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Umamah_D01206241.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Pendidikan mempunyai peranan penting untuk membawa siswa berpikir aktif dan kreatif. Karena kedepanya dari proses ini akan membantu siswa bertahan pada masa yang penuh persaingan. Maka salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan pengajuan soal terbuka atau open ended. Soal terbuka (open ended) ini menuntut siswa untuk menemukan lebih dari satu jawaban yang benar. Dalam hal ini proses berpikir kreatif diperlukan, sehingga soal terbuka (open ended) merupakan salah satu masalah yang dapat mengakomodasi potensi kreatif siswa. Penelitian ini berfokus untuk menganalisis tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa. Menurut teori yang sudah ada pengajuan soal terbuka (open ended) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Tujuan utama dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan penerapan konsep pengajuan soal terbuka (open ended) pada tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa pada pendidikan agam islam kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya (2) Menganalisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan Masalah Terbuka (Open Ended) pada Materi Pendidikan Agama Islam kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya (3) Menemukan Hasil Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Pengajuan Masalah (Open Ended) Pada Materi Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri 16 Surabaya Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, data dari penelitian ini didapat dari obserfasi, wawancara dan interview. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Secara umum siswa yang memiliki kemampuan tinggi, cenderung memiliki kreatifitas tinggi, sedangkan siswa yang memiliki kemampuan tingkat bawah cenderung memiliki kreatifitas yang rendah. Sehingga dapt di konklusikan bahwa tidak selamanya pengajuan soal terbuka (open ended) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Rasjid, Anwar
Uncontrolled Keywords: Soal terbuka; open ended; kefasihan; fleksibilitas; kebaruan
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Nov 2011
Last Modified: 30 Nov 2017 05:06
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8802

Actions (login required)

View Item View Item