Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita yang melibatkan pecahan di SD Negeri Kedondong I

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ni'mah, Hidayatun (2010) Analisis kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal cerita yang melibatkan pecahan di SD Negeri Kedondong I. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hidayatun Ni'mah_D34205011.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu faktor penyebab tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang berasal dari siswa adalah ditemukannya banyak kesalahan pada hasil pekerjaan siswa dalam menyelesaikan soal. Penelitian mengenai kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika, khususnya berupa soal cerita, akan bermanfaat bagi pelaksanaan pembelajaran matematika di sekolah. Seperti dalam menyusun atau memilih strategi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kedondong I. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi kesalahan
yang dilakukan siswa kelas V SD Negeri Kedondong I dalam menyelesaikan soal cerita sub materi menyelesaikan soal cerita yang mengandung operasi hitung berbagai bentuk pecahan ditinjau dari letak kesalahannya, jenis kesalahannya, dan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita, serta alternatif pembelajaran yang digunakan untuk mengurangi kesalahan tersebut. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi kesalahan siswa berdasarkan letak kesalahannya adalah (1) 46,92% kesalahan dalam memahami soal, (2) 16,34%
kesalahan dalam menyelesaikan soal, dan (3) 36,73% kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir yang sesuai dengan permintaan soal. Berdasarkan analisis dari pekerjaan dan jawaban hasil wawancara diketahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor kognitif yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan. Jenis-jenis kesalahan siswa meliputi kesalahan konsep, kesalahan prinsip, kesalahan algoritma, dan kesalahan acak. Adapun faktor-faktornya adalah faktor kesalahan konsep, faktor kesalahan prinsip, faktor kesalahan algoritma dan faktor kesalahan acak. Alternatif pembelajaran yang digunakan untuk mengurangi siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita adalah pembelajaran dengan pendekatan
pemecahan masalah menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah.
Kata Kunci: Analisis kesalahan, soal cerita, pecahan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ni'mah, HidayatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Anak
Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan; Soal Cerita; Pecahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 15 May 2019 03:05
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8744

Actions (login required)

View Item View Item