PROYEK DAN INVESTIGASI PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DIKELAS XI IPA 3 SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN

A'yun, Qurrota (2010) PROYEK DAN INVESTIGASI PADA POKOK BAHASAN STATISTIKA DIKELAS XI IPA 3 SMA WACHID HASYIM 2 TAMAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sekripsi.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Beberapa orang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang menekankan pada siswa untuk menghafal serta membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajarinya.
Walaupun banyak juga orang yang mengakui manfaat matematika yang telah dirasakan dalam kehidupan. Untuk mengatasi hal ini, guru bisa melibatkan siswa secara langsung dan
memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat menemukan sendiri konsep yang dipelajari. Salah satu upaya guru yaitu dengan
menggunakan metode proyek dan investigasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa,kemampuan guru mengelola pembelajaran, dan respon siswa terhadap penggunaan metode
proyek dan investigasi pada materi statistika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptifkuantitatif dengan sampel penelitian siswa kelas XI IPA 3 yang berjumlah 35 siswa.
Rancangan dalam penelitian ini adalah one-shot-case study. Metode pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket.
Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa,
dan metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran.Setelah dilakukan analisis data penelitian maka didapatkan hasil sebagai berikut : aktivitas
siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelolapembelajaran dikategorikan baik, respon siswa terhadap pembelajaran adalah positif, dan
ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dinyatakan tuntas. Dari empat aspek yangdiamati, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode proyek dan investigasi dikelas XI IPA3 SMA Wachid Hasyim 2 Taman dapat dikatakan efektif.
Kata kunci : Efektivitas pembelajaran, metode proyek dan investigasi.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Proyek, Investigasi.
Subjects: Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 11 Feb 2015 09:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8740

Actions (login required)

View Item View Item