Level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk Soal Cerita pada materi garis dan sudut di kelas vii smp negeri 4 surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi'an, Muhammad Ilman (2010) Level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk Soal Cerita pada materi garis dan sudut di kelas vii smp negeri 4 surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Dalam kenyatannya, level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah itu berbeda-beda. Maka sebelum proses pembelajaran berlangsung, guru sebaiknya mengetahui level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah. Dengan pengetahuan tersebut, guru dapat memilih metode yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sedangkan masalah yang sering dirasakan sulit oleh siswa SMP Negeri 4 surabaya adalah soal cerita. Oleh karena itu, peneliti memandang penting untuk meneliti level kemampuan siswa dalam memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa soal tes yang diberikan kepada 40 siswa kelas VII E SMP Negeri 4 Surabaya. Hasil soal tes siswa dikelompokkan dalam 5 level yaitu level 1, level 2, level 3, level 4, level 5. Untuk mengetahui karakteristik siswa lebih mendalam dalam memecahkan masalah dilakukan wawancara terhadap 10 siswa, masing-masing 2 siswa dari tiap level. Hasil Analisis tes tulis siswa menunjukkan 15 siswa (37,5%) berada pada level 1, sebanyak 6 siswa (15%) berada pada level 2, sebanyak 12 siswa (30%) berada pada level 3, sebanyak 5 siswa (12,5%) berada pada level 4, dan sebanyak 2 siswa (5%) berada pada level 5. Berdasarkan hasil tes dapat disimpulkan bahwa level kemampuan siswa VII E SMP Negeri 4 Surabaya dalam memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita cenderung berada dalam (1) level 1(siswa tidak Mengerjakan, atau tidak bisa menyelesaikan masalah karena tidak bisa memodelkan, atau tidak bisa menyelesaikan masalah karena tidak memahami konsep), (2) level 3 (Menyelesaikan masalah dengan menggunakan satu cara, dengan: dapat memodelkan, memahami konsep, perhitungannya benar). Berdasarkan kesimpulan yang ada, disarankan sebaiknya siswa sering diajarkan tentang pemecahan masalah (diajarkan langkah-langkah pemecahan masalah terutama langkah keempat yaitu memeriksa kembali hasil yang diperoleh), dan dibiasakan untuk dihadapkan pada soal-soal pemecahan masalah yang berbentuk cerita dan open ended.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi'an, Muhammad Ilman--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pengajaran
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah; Soal Cerita
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 24 Oct 2018 03:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8732

Actions (login required)

View Item View Item