PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV MI AL-HIDAYAH MARGOREJO SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawan, Nanang (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI DENGAN MENGGUNAKAN METODE INQUIRY KELAS IV MI AL-HIDAYAH MARGOREJO SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah sulitnya pemahaman siswa terhadap materi bilangan romawi sehingga berakibat kepada rendahnya hasil belajar siswa. Untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi bilangan romawi, diambil tindakan pembelajaran melalui metode inquiry yang dilakukan dalam 2 siklus.
Rumusan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan metode inquiry materi bilangan Romawi di kelas IV MI Al-Hidayah, Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan Romawi di kelas IV MI Al-Hidayah dengan menggunakan metode inqury?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui penerapan metode Inquiry dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah, Surabaya, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi bilangan Romawi di kelas IV MI Al-Hidayah dengan menggunakan metode inqury.
Model penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewwin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yang dilakukan dengan teknik wawancara adalah dengan format wawancara terbuka, pada teknik observasi adalah dengan panduan lembar observasi aktivitas guru dan siswa, sedangkan pada teknik tes adalah butir-butir soal tes.
Dokumen penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan metode inquiry dalam materi bilangan romawi di kelas IV MI Al-hidayah Margorejo Surabaya telah dilaksanakan sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Hal ini dapat dilihat pada hasil skor observasi aktivitas guru yang meningkat dari siklus I sebesar 73 (cukup baik) menjadi 87 (baik) pada siklus II. Dan hasil skor observasi terhadap aktivitas siswa meningkat dari siklus I sebesar 78,3 (cukup baik) menjadi 87 (baik) pada siklus II. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar pada materi bilangan romawi kelas IV MI Al-Hidayah Margorejo menggunakan metode inquiry. Hal ini dapat ditunjukkan berdasarkan nilai rata-rata kelas siswa meningkat dari siklus I yaitu 77 (cukup baik) menjadi 85,15 (baik) pada siklus II serta persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus 1 sebesar 69,23% jumlah siswa tuntas dan pada siklus II sebesar 92,3 % jumlah siswa tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Chaerati Shaleh
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawan, NanangUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Bilangan Romawi; Metode Inquiry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 01:48
Last Modified: 17 Feb 2015 01:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/873

Actions (login required)

View Item View Item