Perbandingan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional pada materi faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lailiyah, Tinwanul (2010) Perbandingan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran konvensional pada materi faktorisasi suku aljabar kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tinwanul Lailiyah_D04205054.pdf

Download (1MB)

Abstract

Matematika mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Untuk itu guru harus meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model-model pembelajaran, seperti model pembelajaran think pair share (TPS), model pembelajaran numbered head together (NHT), dan model pembelajaran konvensional. Masing-masing model pembelajaran tersebut akan digunakan peneliti untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan tiga model pembelajaran terebut Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo tahun pelajaran 2008-2009.. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan cara Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas VIII-B menggunakan model pembelajaran NHT, kelas VIII-C menggunakan model pembelajaran TPS dan kelas VIII-I menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrument yang digunakan meliputi RPP, dan lembar observasi (soal tes). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yang meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji anova one way. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, model pembelajaran NHT dan model pembelajran konvensional. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kelas yang menggunakan model pembelajaran TPS sebesar 68,95, kelas yang menggunakan model pembelajaran NHT sebesar 72,1 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensioanal sebesar 60,67, serta uji anova one way.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lailiyah, TinwanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; TPS; NHT; Konvensional
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 14 May 2019 02:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item