Penerapan Problem Solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan peluang di kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najahah, Nailatin (2010) Penerapan Problem Solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pokok bahasan peluang di kelas XI SMA Wachid Hasyim 2 Taman. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailatin Najahah_D04205046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran di sekolah pada umumnya masih menggunakan metode ceramah tidak terkecuali pada mata pelajaran matematika. Padahal sesungguhnya, dengan menggunakan metode ceramah, siswa tidak mendapat kesempatan untuk berdiskusi menyelesaikan masalah sehingga penyerapan terhadap materi pelajaran kurang. Oleh karena itu, diharapkan guru bisa memikirkan metode-metode yang dapat merangsang siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan melibatkan permasalahan nyata yang penyelesaiannya melalui metode problem solving. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Team Assisted Individualization (TAI) merupakan pembelajaran kooperatif yang memberikan bantuan secara individu bagi siswa yang memerlukannya. Sedangkan problem solving adalah usaha mencari jalan keluar dari suatu masalah melalui 4 langkah, yaitu: (1) memahami masalah, (2) menyusun rencana penyelesaian, (3) melaksanakan rencana penyelesaian, dan (4) memeriksa kembali proses dan hasil pelaksanaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan the one shot case study. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi yang digunakan untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, metode tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan, dan metode angket yang digunakan untuk mengetahui respon siswa setelah diberi perlakuan pembelajaran problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Sebelum melakukan penelitian, peneliti mengkonsultasikan perangkat pembelajaran kepada guru yang mengerti tentang penyusunan perangkat pembelajaran dengan model problem solving dengan setting pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan cara validasi. Setelah diterapkan dan di analisis data yang terkumpul, peneliti mendapatkan hasilnya, yaitu aktivitas siswa dapat dikatakan sebagai aktivitas aktif dengan persentase 73,7%, respon siswa dapat dikatakan positif dengan persentase 84,7% dari siswa menjawab pernyataan dengan setuju, sedangkan untuk ketuntasan belajar secara klasikal juga dapat dikatakan tuntas dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 77,5% dari seluruh siswa kelas XI IPS 1.
Kata Kunci: problem solving, pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najahah, NailatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Problem Solving; Pembelajaran Kooperatif; Team Assisted Individualization; TAI
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Aug 2010
Last Modified: 15 May 2019 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item