Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok Relasi dan Fungsi di Kelas VIII MTs. Kanjeng Sepuh Sidayu

Fitriyah, Lailatul (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada sub materi pokok Relasi dan Fungsi di Kelas VIII MTs. Kanjeng Sepuh Sidayu. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab6.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Proses belajar yang berlangsung di kelas tak lebih dari kegiatan guru mengajar dengan target kurikulum dan NEM. Sisi lain dari kritik tersebut menggambarkan bahwa proses pendidikan pada jenjang pra-universitas kurang sekali memberikan tekanan pada pembentukan watak dan karakter tetapi lebih pada hafalan dan pemahamn kognitif. Indonesia merupakan negara sedang berkembang senantiasa berusaha melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan, antara lain dengan upaya penyempurnaan kurikulum, perbaikan sistem pengajaran, dan meningkatkan kemampuan guru. Guru dalam proses pembelajaran dihadapkan pada berbagai macam masalah antara lain guru harus dapat memilih model, strategi, metode mengajar yang tepat agar peserta didik dapat menguasai dan memahami konsep materi dan ketrampilan yang dibutuhkan dalm kehidupan. Pada dasarnya berbagai pendekatan model pembelajaran dan strategi-strategi belajar yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh guru memiliki tujuan yang hampir sama yaitu diharapkan dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS digunakan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran, aktivitas siswa selama pembelajaran, ketuntasan belajar siswa, dan perbedaan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII MTs. Kanjeng Sepuh Sidayu. Rancangan penelitian ini dengan memberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS untuk kelas VIIIA dan model pembelajaran konvensional untuk kelas VIIIB dengan dua kali pertemuan dan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode observasi untuk memperoleh data pelaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, metode tes untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dan perbedaan hasil belajar siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh selama pembelajaran, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam kategori baik, aktivitas siswa selama pembelajaran termasuk dalam kategori aktif, ketuntasan belajar siswa secara klasikal selama pembelajaran juga dalam ketegori tuntas dan ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan siswa yang diberi model pembelajaran konvensional.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Setyawati, Maunah
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Pair Share
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 26 Oct 2018 09:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8719

Actions (login required)

View Item View Item