Analisis kesalahan siswa Kelas VI MI Al Ishlah Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Pecahan Desimal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Syafi'atur (2010) Analisis kesalahan siswa Kelas VI MI Al Ishlah Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan Pecahan Desimal. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 6.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Sekolah dasar merupakan lembaga pendidikan yang berfungsi memberikan bekal kemampuan dasar siswa membaca, menulis dan berhitung. Sehubungan dengan kemampuan dasar tersebut, matematika mempunyai posisi yang sangat penting yaitu memberikan bekal kemampuan berhitung. Selai itu, matematika juga berfunngsi untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi dengan menggunakan bilangan dan simbol-simbol serta kemampuan penalaran yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, dalam pelajaran matematika banyak dijumpai soal-soal yang berbentuk soal cerita, dimana dalam menyelesaikan soal cerita, siswa dituntut untuk bernalar secara logis, kritis dan cermat. Akibatnya tidak jarang siswa mengalami kesulitan ataupun kesalahann dalam menyelesaikan masalah matematika, terutama soal cerita. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian yang diajukan, yaitu mengenai jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VI MI Al-Ishlah Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan pecahan desimal dan factor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan.Penelitian ini di kategorikan dalam penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di MI Al-Ishlah Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI tahun ajaran 2008-2009 dengan jumlah siswa sebanyak 16 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui pemberian tes dan wawancara. Tes dilakukan satu kali yaitu setelah materi pecahan desimal selesai di ajarkan. Sedangkan wawancara dilakukan terhadap 4 siswa yang di pilih sebagai responden yaitu siswa yang mempunyai kesalahan terbanyak. Berdasarkan analisis data, simpulan data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VI MI Al-Ishlah Ketapang Lor Ujung Pangkah Gresik, adalah kesalahan abstraksi, komputasi dan menarik simpulan dalam menyelesaikan soal cerita pokok bahasan pecahan desimal. (2) faktor penyebab siswa melakukan kesalahan adalah siswa kurang memiliki penguasaan konsep, siswa kurang memperhatikan langkah-langkah dalam menyelesaikan soal cerita, siswa kurang memahami maksud dari soal, siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan, siswa salah atau lupa membuat simpulan, kurang adanya sifat positif siswa terhadap mata pelajaran matematika, cara belajar siswa yang kurang baik, dan tidak adanya kedisiplinan waktu belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Syafi'atur--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Soal Cerita; Analisis Kesalahan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 08 May 2019 06:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8718

Actions (login required)

View Item View Item