Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Bungurasih I melalui strategi Think-Talk-Write

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nurusshobah, Anis (2010) Meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Bungurasih I melalui strategi Think-Talk-Write. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anis Nurussobah_D04205025.pdf

Download (928kB)

Abstract

Standart isi Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 menyebutkan bahwa kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran matematika mencakup: pemahaman konsep, penalaran dan komunikasi, dan pemecahan masalah. Berdasarkan hal tersebut jelas bahwa kemampuan siswa dalam komunikasi dan pemecahan masalah matematika perlu mendapat perhatian untuk lebih dikembangkan. Kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika merupakan kemampuan yang diperlukan dalam belajar matematika dan sangat diperlukan dalam menghadapi masalah dalam kehidupan siswa. Namun sebagian besar kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah siswa masih rendah. Hal ini dialami oleh siswa di SDN Bungurasih I. Rendahnya kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika, tidak lepas dari proses pembelajaran matematika. Peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah siswa dapat dilakukan dengan merancang suatu pembelajaran yang membiasakan siswa untuk mengkonstruksi sendiri engetahuannya, sehingga siswa lebih memahami konsep yang diajarkan serta mampu mengkomunikasikan pemikirannya baik dengan guru, teman maupun terhadap materi matematika itu sendiri serta mampu memecahkan masalah-masalah matematika. Salah satu alternatif model pembelajaran yang relevan diterapkan adalah pembelajaran melalui strategi Think-Talk-Write (TTW). Hasil penelitian di SDN Bungurasih I dengan menggunakan strategi TTW menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mengalami peningkatan kemampuan komunikasi adalah 66,67%. Untuk kemampuan pemecahan masalah dari tes tulis I dan tes tulis II diambil kesimpulan bahwa banyaknya siswa yang mengalami peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika adalah 100%. Dengan demikian diketahui bahwa persentase peningkatan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika60% sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Think-Talk-Write efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa. Hasil penelitian ini menyarankan agar strategi ini dipergunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematika siswa dalam pelajaran matematika SD. Kata Kunci : Kemampuan komunikasi siswa, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, Strategi Think-Talk-Write.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nurusshobah, AnisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Komunikasi
Matematika
Pendidikan > Komunikasi
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pemecahan; Komunikasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 14 May 2019 07:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8716

Actions (login required)

View Item View Item