Penerapan pembelajaran PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Kartini

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chasanah, Fatichatul (2010) Penerapan pembelajaran PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di Kelas VIII SMP Kartini. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran berpusat kepada siswa memunculkan berbagai strategi pembelajaran, agar diperoleh pembelajaran yang lebih bermakna bagi siswa. Tidak terkecuali matematika yang pada dasarnya yang merupakan ilmu yang abstra dengan pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa diharapkan dapat meningkatkan keaktifan siswa atau pun keaktifan berpikir kreatif siswa. Pembelajaran matematika yang baik dapat menumbuh kembangkan berpikir kreatif, pembelajaran yang baik juga dapat menumbuh kembangkan aspek berpikir yang lain, yaitu berpikir kritis. Berpikir kritis pada dasarnya tidak kalah penting dengan aspek berpikir kreatif, karena kedua aspek berpikir ini mendukung kesuksesan seseorang. Dalam penelitian ini akan diterapkan pembelajaran PMRI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, respon siswa terhadap penerapan pembelajaran PMRI untuk meningkatkan berpikir kritis dan mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan metode PMRI yang disusun berdasarkan karakteristik tertentu kemudian mengkatagorikan kedalam 3 level berpikir kritis yaitu level 1 ( kritis ), level 2 ( cukup kritis ), level 3 (tidak kritis ). Subyek penelitian ini adalah VIII SPM KARTINI yang terdiri dari 50 siswa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Sehingga dari hasil 2 siklus diperoleh: aktivitas guru pada saat pembelajaran sebesar 33.33 % mengamati dan membimbing kelompok dalam menyelesaikan LKS, aktivitas siswa pada saat pembelajajaran sebesar 29.45% diskusi atau bertanya antara siswa sekelompok, hasil prosentase rata-rata tes berpikir kritis siswa pada siklis I dan II tiap level: level 3 ( Kritis ) dengan rata-rata prosentase sebesar 16.5 %, level 2 ( Cukup Kritis ) dengan rata-rata prosentase sebesar 33.4 %, level 1 ( Tidak Kritis ) dengan rata-rata prosentase sebesar 50.2 %. Adapun respom siswa terhadap penerapan pembelajaran PMRI mendapat respon positif dengan rata-rata jawaban positif sebesar 75.83 %.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chasanah, Fatichatul--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: PMRI; Berpikir Kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 10 Oct 2018 09:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8715

Actions (login required)

View Item View Item