Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Resiko (Realistic Mathematic Education Setting Kooperatif) pada sub pokok bahasan perbandingan senilai di kelas VII MTs Al-Muawannah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budiman, Daniar (2010) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Resiko (Realistic Mathematic Education Setting Kooperatif) pada sub pokok bahasan perbandingan senilai di kelas VII MTs Al-Muawannah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Daniar Budiman_D04205014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permendiknas No.22 tahun 2006 menjelaskan menjelaskan tujuan pembelajaran matematika diantaranya: (1) Siswa dapat memahami konsep matematika, (2) Menggunakan penalaran, (3) Memecahkan masalah,(4) Mengomunikasikan gagasan,(5) memiliki sikap menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran matematika tersebut maka pemilihan pendekatan pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa sangat penting. Pendekatan realistik dengan langkah-langkah kooperatif sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika dalam permendiknas nomor 22 tahun 2006 dan membuat siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Hal tersebut menarik peneliti untuk mencoba mengembangkan perangkat pembelajaran matematika MTs dengan pendekatan pembelajaran RESIKO (RME Setting Kooperatif) pada pokok bahasan perbandingan senilai. Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan modifikasi model thiagarajan 3D (define, design, dan develop). Instrumen penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, lembar keterlaksanaan sintaks pembelajaran, lembar angket respon siswa, tes hasil belajar.
Dari hasil penelitian tersebut diperoleh dengan kevalidan RPP sebesar 4,04 ; kevalidan buku siswa sebesar 4,28 dan kevalidan LKS sebesar 3,37.Yang berarti perangkat tersebut telah valid dan layak digunakan. Perangkat pembelajaran yang digunakan juga memenuhi kriteria keefektifan yang meliputi: aktifitas guru, aktifitas siswa, respon siswa, sintaks pembelajaran, dan hasil belajar. Kata Kunci: Realistik, kooperatif, perangkat pembelajaran, aktifitas guru, aktifitas siswa, respon siswa, sintaks pembelajaran, dan hasil belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budiman, DaniarUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Matematika Realistik
Uncontrolled Keywords: Perangkat Pembelajaran; Realistic Mathematic Education; Setting Kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2010
Last Modified: 22 May 2019 03:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8710

Actions (login required)

View Item View Item