PERAN PEMBELAJARAN KELAS ALAM DALAM MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X MA BILINGUAL YPPM AL-AMANAH KRIAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Subakti, Nindy Aprilia (2014) PERAN PEMBELAJARAN KELAS ALAM DALAM MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS X MA BILINGUAL YPPM AL-AMANAH KRIAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (780kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Secara metodologis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, meliputi sumber data terdiri dari primer dan sekunder, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara (interview) dan dokumenter, selanjutnya dianalisis dengan metode analisis deskriptif yaitu menerangkan serta menjelaskan secara mendalam terhadap semua aspek yang berkaitan dengan masalah penelitian. Adapun pola pikir menggunakan logika induktif yaitu melihat fakta dan data hasil penelitian tersebut kemudian dianalisis dengan teori pendekatan dalam pendidikan yang dan diakhiri dengan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan, bahwa aplikasi Peran Pembelajaran Kelas Alam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Fikih siswa Kelas X di MA Bilingual YPPM al-amanah Krian Sidoarjo sebagai berikut: Peran Pembelajaran Kelas Alam atau yang lebih familiar dengan outdoor study di MA Bilingual menggunakan pedekatan inkuiri. Proses pembelajarannya berbasis dari sebuah masalah, eksperimen, demonstrasi, menggambar, diskusi, tanya jawab, bermain peran, sosiodrama, ceramah, dan lain-lain. Esensi sesungguhnya adalah untuk lebih mendekatkan siswa pada alam nyata, agar terdapat integrasi antara teori dan kenyataan. Dengan pembelajaran seperti ini, tidak menuntut kemungkinan sedikit banyak berpengaruh pada prestasi belajar siswa. Khususnya dalam mata pelajaran Fikih yang sering membutuhkan praktik dari pada hanya pemahaman teori.
Analisis pembelajaran kelas alam dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di MA Bilingual merupakan pembelajaran yang tidak lepas dengan tujuan dasar pendidikan, yang tercantum dalam UU No. 20 tahun 2003 yang berbunyi: Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Syamsuddin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Subakti, Nindy ApriliaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Prestasi Belajar
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2015 01:28
Last Modified: 17 Feb 2015 01:28
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/867

Actions (login required)

View Item View Item