Kematangan sosial pada anak Tunagrahita di SLB Karya Asih Margorejo: studi kasus

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suryaningrum, Rifqi (2010) Kematangan sosial pada anak Tunagrahita di SLB Karya Asih Margorejo: studi kasus. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DaftarIsi.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab1.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab2.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab4.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab5.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Kematangan sosial merupakan salah satu tugas perkembangan seseorang untuk menyesuaikan diri secara wajardalam lingkungannya. Kematangan social juga menunjukkan kemampuan dalam memelihara diri sendiri serta berpatisipasi dalam aktivitas yang mendukung tercapainnya kemandirian. Seorang anak di harapkan memilikikematangan social yang baik, sehingga kelak dapat di terima oleh lingkungan social lainnya. Pada sebagian anak yang menyandang tunagrahita,di kuatirkan tidak memiliki kematangan social karena gangguan perkembangan, sehingga banyak orang tua yang anaknya menyandang tunagrahita kuatir anaknya tidak akan dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat karena tidak memiliki kematangan social, maka pada penelitian ini ingin mengungkap profile anak tunagrahita bagaimana kematangan socialnya serta factor-faktor apa saja yang ternyata mempengaruhi adanya perbedaan kematangan sosail pada anak penyandang tunagrahita tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui kematangan sosial pada anak tunagrahita di SLB Karya Asih Margorejo Surabaya, (2) Mengetahui Faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi kematangan sosial pada anak tunagrahita di SLB Karya Asih Margorejo Surabaya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif eksplorasi. Variable penelitian ini adalah kematangan social pada anak tunagrahita. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang di gunakan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan mental agenya ke dua anak tersebut ternyata setara dengan anak usia 7-8 tahun atau kelas 2 SD. Dan Berdasarkan tugas perkembangan, anak mampu dalam mencapai kematangan sosial, antara lain: Mempelajari keterampilan fisik yang di perlukan untuk permainan-permainan yang umum, Mengembangkan pengertian-pengertian yang di perlukan untuk kehidupan sehari-hari, Membangun sikap yang sehat mengenai diri sendiri sebagai makhluk yang sedang tumbuh. Adapun kematangan sosial anak yang kurang mampu berdasarkan tugas perkembangan, antara lain: Belajar menyesuaikan diri dengan teman-teman seusiannya, Mulai mengembangkan peran sosial pria atau wanita yang tepat, Mengembangkan keterampilan-keterampilan dasar untuk membaca, menulis dan berhitung, Mengembangkan hati nurani, pengertian moral, dan tata dan tingkatan nilai, Mengembangkan sikap terhadap kelompok-kelompok sosial dan lembaga-lembaga, Mencapai kebebasan pribadi. Sedangkan pada aspek-aspek kematangan sosial, dari ke dua kasus dalam penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa dalam selp help, locomotion, sozialization, kedua anak tersebut mampu dalam melakukannya. Sedangkan pada self directio, occupation, communication dan dalam akademik kedua anak tersebut kurang mampu dalam melakukannya. Faktor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap kematangan sosial pada anak tunagrahita adalah sebagai berikut: perbedaan usia dilakukannya terapi, persepsi orang tua, keadaan keluarga, latar belakang keluarga, cara pendidikan, wawasan orang tua.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suryaningrum, Rifqi--UNSPECIFIED
Subjects: Psikologi > Tuna Grahita
Uncontrolled Keywords: kematangan sosial; Tunagrahita
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 13 Jul 2018 02:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item