LAYANAN ORIENTASI DALAM MENYALURKAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khisbiyah, Lailatun Nuril (2014) LAYANAN ORIENTASI DALAM MENYALURKAN BAKAT DAN MINAT SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview

Abstract

Layanan orientasi adalah suatu kegiatan yang memungkinkan peserta didik dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru terutama lingkungan sekolah.
Disadari atau tidak, sejatinya setiap manusia memiliki potensi masing-masing yang mungkin berbeda dengan orang lain. Namun terkadang kita masih bingung, potensi apa yang kita miliki. Mana yang benar-benar bakat alami dan mana yang hanya sekedar minat. Disaat seorang anak mulai bingung menentukan bakat apa yang mereka miliki, maka di sekolah Guru BK akan memberikan pengarahan melalui layanan orientasi.
Tujuan dari layanan orientasi adalah untuk memberikan pengenalan kepada murid-murid tentang kegiatan dan situasi pendidikan yang akan ditempuhnya. Selain itu layanan orientasi diharapkan dapat mencegah timbulnya permasalahan penyesuaian siswa dengan pola kehidupan sosial, belajar dan kegiatan lain di sekolah yang berkaitan dengan keberhasilan siswa. Begitu juga bagi orang tua agar memahami kondisi dan situasi sekolah sehingga dapat mendukung keberhasilan anaknya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, adapun informan penelitiannya adalah, guru bimbingan konseling, waka kesiswaan, dan siswa. Dan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil dari proses penelitian pelaksanaan layanan orientasi dalam menyalurkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Drumband di SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya yaitu para siswa dapat menentukan kegiatan ekstrakurikuler apa yang akan mereka pilih ditahun ajaran baru, selain itu para siswa lebih menikmati kegiatan ekstrakurikuler yang mereka pilih karena sesuai dengan bakat dan minat mereka. Karena di Sekolah ini dalam menyalurkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan orientasi dengan memberikan pengarahan dan mengenalkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler sehingga para siswa dapat menentukan kegiatan ekstrakurikuler dengan mudah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Husniyatus Salamah Zainiyati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khisbiyah, Lailatun NurilUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Uncontrolled Keywords: Layanan Orientasi; Bakat; Minat
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 09:23
Last Modified: 16 Feb 2015 09:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item