Persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling di sekolah Madrasah Aliayah Negeri Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Tri Retno (2010) Persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling di sekolah Madrasah Aliayah Negeri Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tri Retno Sari_B07206027.pdf

Download (660kB)

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui persepsi siswa terhadap guru bimbingan konseling pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan pada siswa Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo, Yang berada di jl. Jenggolo No.02 belakang studion Buduran-Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun untuk mengumpulan data penulis mempergunakan studi kepustakaan (sebagai landasan teori) dan studi lapangan dengan menggunakan metode observasi, Dokumentasi dan wawancara(interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya persepsi Negatif siswa terhadap Guru bimbingan dan konseling. Hal ini disebabkan karena seringkali pihak sekolah menyerahkan sepenuhnya masalah pelanggaran kedisiplinan dan peraturan sekolah lainnya kepada guru BK. siswa yang beranggapan Positif terhadap Guru bimbingan dan konseling. Hal ini disebabkan karena Guru bertindak sebagai sahabat kepercayaan, tempat mencurahkan isi hati dan pikiran. Konselor adalah kawan pengiring, penunjuk jalan, pemberi informasi, pembangun kekuatan, dan pembina perilaku-perilaku positif yang dikehendaki sehingga siapa pun yang berhubungan dengan bimbingan konseling akan memperoleh suasana sejuk dan memberi harapan. Simpulan atau saran dari penelitian ini Kepada Guru Bimbingan dan Konseling disarankan agar lebih memperhatikan dan menjalin kedekatan dengan siswa-siswinya, dan hendaknya memberikan materi yang lebih baik kepada siswa, agar para siswa benar-benar memahami hakikat dari BK itu sendiri. Dan agar tidak menimbulkan persepsi-persepsi keliru atau salah di beberapa kalangan siswa. Siswa hendaknya berusaha untuk mencari tau serta menghilangkan penilaian subyektif terhadap Guru Bimbingan Konseling, sehingga siswa mengetahui fungsi, tugas, dan tanggung jawab serta tidak lagi menilai secara subyektif terhadap Guru serta layanan kegiatan BK yang diselenggarakan disekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Tri Retno--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Guru
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Bimbingan dan Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 18 Jan 2019 09:33
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8609

Actions (login required)

View Item View Item