PERBEDAAN SELF CONFIDENCE DAN SELF REGULATED LEARNING ANTARA SISWA KELAS IMERSI (RSBI) DAN SISWA REGULER DI SMP NEGERI I DRIYOREJO GRESIK

Ismawati, Fifin (2010) PERBEDAAN SELF CONFIDENCE DAN SELF REGULATED LEARNING ANTARA SISWA KELAS IMERSI (RSBI) DAN SISWA REGULER DI SMP NEGERI I DRIYOREJO GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self confidence ( percaya diri ) dan self regulated learning ( pembelajaran efektif ) antara siswa imersi ( RSBI ) dan siswa regular di SMP Negeri I Driyorejo Gresik tahu ajaran 2009/2010. Yang diajukan lepada siswa untuk lebih dapat mewujudkan tujuan yang ingin dicapai dari penyelenggaraan program imersi.
Kelebihan yang dimilikinya serta dapat memberikan gambaran yang positif yang akan meningkatkan self confidence sehingga siswa tersebut tidak menunjukkan percata diri yang berlebihan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif korelasional. Uji beda yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya perbedaan self confidence dan self regulated learning antara siswa imersi dan regular. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri I Driyorejo Gresik.
Pengambilan sample dilakukan dengan teknik random sampling, karena subyeknya terlalu banyak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 48 siswa. Variable dalam penelitian terdiri dari variable bebas yaitu kelas imersi dan reguler dan variable terikat self confidence dan self regulated learning. Metode pengunpulan data menggunakan skala self confidence dan skala self regulated learning Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dua sampel saling bebas.
Hasil dari analisis data menggunakan analisis uji –t dua sample saling bebas diperoleh hasil adanaya perbedaan yang signifikansi 0,000 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya adanya perbedaan yang signifikan antara self confidence dan self regulated learning antara siswa imersi dengan regular. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaab yang signifikan antara self confidence dan self regulated learning antara siswa imersi dengan regular.
Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa ada perbedaan yang significan self confidence dan self regulated learning antara siswa kelas imersi dan siswa reguler SMP Negeri I Driyorejo. maka peneliti ajukan saran-saran sebagai berikut : Bagi siswa disaranakan kepada siswa program imersi dan reguler untuk dapat mewujudkan tujuan yang ingin dicapai sesuai dengan kemampuan dan kelebihan yang dimilikinya serta dapat menunjukkan self confidence ( percaya diri ) yang positif sehingga siswa dapat mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimiliki secara positif.
Dari hasil harga t hitung -2.054 dengan sigifikan 0.046 karena significan 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian berarti rata-rata self confidence kelas imersi berbeda dan kelas reguler. Sedangkan untuk uji self regulated learning diperoleh hasil uji t hitung 14.962 dengan significan sebesar 0.000 karena significan 0.05 maka ada perbedaan self regulated learning antara kelas imersi dengan kelas reguler

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Self Confidence; Self Regulated Learning
Subjects: Self confidence
Psikologi > Self Regulated Learning
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 07:53
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8601

Actions (login required)

View Item View Item