ANALISIS STRATEGI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI KONTEKS LUAS PERSEGI PANJANG

Suryani, Lilik (2014) ANALISIS STRATEGI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH PEMBAGIAN PECAHAN MELALUI KONTEKS LUAS PERSEGI PANJANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Pembagian pecahan adalah salah satu konsep yang sulit bagi banyak siswa. Dalam mengajarkannya, para guru cenderung menggunakan cara yang mekanistik, yaitu memberikan aturan secara langsung untuk dihafal, diingat dan diterapkan, sehingga berdampak pada ketidak bermaknaan proses belajar siswa. Siswa tidak mengetahui mengapa mereka harus membalik bentuk pecahan pembagi lalu mengalikannya dengan pecahan yang dibagi. Oleh sebab itu, dalam penelitian ini diperkenalkan strategi pemecahan masalah pembagian pecahan baru, yaitu melalui konteks luas persegi panjang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi siswa dalam memecahkan masalah pembagian pecahan melalui konteks luas persegi panjang.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang menggunakan data kualitatif dan dideskripsikan untuk menghasilkan gambaran yang jelas dan terperinci. Penelitian ini dilakukan di kelas VI SD Negeri 1 Mojorejo Modo Lamongan, dengan memilih 6 siswa sebagai subjeknya. Data dari penelitian ini diambil dengan menggunakan metode tes untuk mengetahui strategi siswa, dan metode wawancara untuk memperoleh data kualitatif dalam menggunakan konteks luas persegi panjang.
Berdasarkan analisis data, penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa dalam menyelelesaikan masalah pembagian pecahan siswa menggunakan konteks luas persegi panjang dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Menggambar sebuah persegi panjang dengan luas dan lebar yang sudah diketahui; (2) Membagi persegi panjang tersebut secara horizontal, berdasarkan pembilang dari lebar persegi panjang; (3) Membagi persegi panjang lagi sesuai hasil dari lebar; (4) Memasukkan ke dalam rumus.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Pembagian Pecahan; Konteks Luas persegi Panjang
Subjects: Matematika
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 08:54
Last Modified: 16 Feb 2015 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item