PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA PADA MATERI TABUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shilfyaturrohmah, Eny (2014) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN REPRESENTASI MATEMATIKA PADA MATERI TABUNG SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (532kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM) menyatakan bahwa kemampuan dasar matematika ada lima, yaitu pemecahan masalah (problem solving), penalaran (reasoning), komunikasi (communication), penelusuran pola atau hubungan (connections), dan representasi (representation). Kemampuan-kemampuan tersebut dapat dibentuk melalui proses pembelajaran atau dampak langsung dari materi matematika itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa merupakan kemampuan berpikir yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematika adalah dengan pemilihan strategi pembelajaran yang kontekstual. Ada beberapa strategi pembelajaran kontekstual, salah satunya adalah strategi pembelajaran REACT. Dari pemaparan di atas timbul pertanyaan, apakah strategi pembelajaran REACT dapat meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa apabila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakanlah penelitian tentang penerapan strategi pembelajaran REACT dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa pada pelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Pungging selama delapan jam pelajaran. Materi yang dipilih adalah tabung. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan tes. Observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa. Angket digunakan untuk mengetahui respon siswa. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa. Tes yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Pre-test digunakan untuk mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa sebelum diberi perlakuan dan post-test dilakukan untuk mengukur kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa setelah diberi perlakuan. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran matematika dengan menggunakan strategi pembelajaran REACT. Untuk menganalisis data berupa nilai pre-test dan post-test, digunakan uji statistik Data Berpasangan.
Setelah diuji dengan menggunakan uji statistik Data Berpasangan, diketahui bahwa thit lebih besar daripada ttab sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya strategi pembelajaran REACT di sekolah. Hal itu berarti, strategi pembelajaran REACT mampu meningkatkan kemampuan koneksi dan representasi matematika siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shilfyaturrohmah, EnyUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran REACT; Kemampuan Koneksi Matematika Siswa; Representasi Matematika Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Rini Wahyuningsih------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 08:54
Last Modified: 16 Feb 2015 08:54
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/852

Actions (login required)

View Item View Item