METODE PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERFIKIR ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP ALVI HIDAYAH MOJOKRAPAK TEMBELANG JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Priyono R, Ali (2009) METODE PENGEMBANGAN KEMAMPUAN BERFIKIR ANAK USIA DINI DI PLAY GROUP ALVI HIDAYAH MOJOKRAPAK TEMBELANG JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. isi.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini dengan baik diperlukan penanganan yang baik, agar bisa merangsang kemampuan berfikir anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Karena pada kenyataannya banyak penyelenggara pendidikan anak usia dini yang belum mengacu pada tahap-tahap perkembangan kemampuan berfikir anak. Pada umumnya masih difokuskan pada peningkatan kemampuan hafalan sebagai bekal anak untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini mengajukan beberapa permasalahan sebgai berikut: (1) bagaimana implementasi metode pembelajaran yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini di play group Alvi Hidayah Mojokrapak Tembelang Jombang? (2) kendala apa yang dihadapi oleh para guru untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini di play group Alvi Hidayah Mojokrapak Tembelang Jombang? (3) upaya apa saja yang perlu dilakukan oleh para guru untuk mengatasi kendala pengembangan kemampuan berfikir anak usia dini di play group Alvi Hidayah Mojokrapak Tembelang Jombang? (4) bagaimana efektifitas penggunaan metode pemebelajaran dalam mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini di play group Alvi Hidayah Mojokrapak Tembelang Jombang?
Kesimpulan kajian dari permasalahan di atas adalah: (1) Dalam mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini, para guru menggunakan metode-metode pembelajaran anak usia dini yang ada, dengan mengacu pada juknis pendidikan anak usia dini dari Departemen Pendidikan Nasional yang berlaku sekarang, (2) Dalam menerapkan metode pembelajaran, para guru Play Group Alvi Hidayah menggunakan pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT), pendekatan ini berupaya untuk mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh anak sesuai dengan tahapan perkembangannya. Pendekatan BCCT juga mejadikan proses belajar mengajar lebih menyenangkan disamping anak menjadi pembelajar yang aktif dan kreatif, (3) Kendala yang dihadapi adalah kendala sarana dan prasarana yang masih kurang memadai, kendala sumber daya tenaga pendidik yang masih perlu ditingkatkan dan kendala dari peserta didik, (4) Secara keseluruhan efektifitas penggunaan metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan berfikir anak usia dini cukup baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Nur Hamim
Creators:
CreatorsEmailNIM
Priyono R, AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam; Pendidikan Anak; Pendidikan Usia Dini
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2010
Last Modified: 09 Feb 2015 05:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8516

Actions (login required)

View Item View Item