PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE DAN CRITICAL THINKING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS XI SMP PGRI 70 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofi’ah, Badiatur (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE DAN CRITICAL THINKING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG KELAS XI SMP PGRI 70 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

National Council of Teachers of Mathematic (NCTM, 2000) yang menyatakan bahwa siswa diharuskan memiliki kemampuan untuk menjadi percaya diri dalam mengerjakan matematika, mampu memecahkan masalah matematika, belajar berkomunikasi matematika, belajar untuk memberikan alasan/berpikir kritis. Kemampuan-kemampuan tersebut dapat dibentuk melalui proses pembelajaran matematika itu sendiri. Berdasarkan hal tersebut, kemampuan komunikasi dan berpikir kritis termasuk kemampuan yang harus ditingkatkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah. Salah satu model pembelajaran dan pendekatan yang tepat adalah model pembelajaran Deep Dialogue dan Critical Thinking dengan pendekatan kontekstual. Dari pemaparan diatas timbul pertanyaan, apakah model pembelajaran Deep Dialogue dan Critical Thinking dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis siswa apabila diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika di sekolah? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, diadakanlah penelitian tentang penerapan model pembelajaran Deep Dialogue dan Critical Thinking dengan pendekatan kontekstual pada pelajaran matematika.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IX Sekolah Menengah Pertama SMP PGRI 70 Surabaya. Penelitian yang dilakukan menggunakan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, tes dan wawancara. Perlakuan yang diberikan berupa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Deep Dialogue dan Critical Thinking dengan pendekatan kontekstual. Untuk menganalisis data, peneliti membandingkan prosentase pre-test dan post-test pada kemampuan komunikasi tulis dan berpikir kritis sedangkan kemampuan komunikasi lisan berdasarkan deskripsi.
Setelah dilakukan perbandingan antara prosentase pre-test dan post-test dalam tabel perbandingan serta deskripsi 6 orang siswa. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi siswa dan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan setelah diterapkannya model pembelajaran Deep Dialogue dan Critical Thinking dengan pendekatan kontekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofi’ah, BadiaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Komunikasi
Uncontrolled Keywords: Model Deep Dialogue; Critical Thinking; Pendekatan Kontekstual; Kemampuan Komunikasi; Berpikir Kritis; Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 08:51
Last Modified: 16 Feb 2015 08:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/851

Actions (login required)

View Item View Item