Pendekatan saintifik dalam perspektif pendidikan Islam

Putra, Rangga Sa'adillah Sandhy Athma (2014) Pendekatan saintifik dalam perspektif pendidikan Islam. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (113kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memusatkan perhatian pada dua permasalahan. Permasalahan yang pertama adalah tinjauan pendidikan Islam terkait pendekatan saintifik. Permasalahan yang kedua adalah rancangan pendekatan Saintifik untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam agar sesuai dengan konteks nilai-nilai keislaman. Permasalahan pertama dijawab melalui library research dengan memadukan analisis induktif dan annotated bibliography. Permasalahan kedua dijawab melalui penelitian pengembangan dengan menggunakan sembilan prosedur penelitian pengembangan yang diadopsi dari Sugiyono. Teknik analisis data penelitian pengembangan menggunakan analisis conclusion drawing. Permasalahan pertama diperoleh kesimpulan mekanisme berpikir yang digunakan dalam kurikulum 2013 sinergi dengan mekanisme berpikir yang digunakan dalam pendidikan Islam. Kesinergian kedua mekanisme berpikir karena pendidikan Islam tidak memiliki pandangan polarisasi keilmuan atau dikotomi keilmuan. Permasalahan kedua mengenai rancangan pendekatan saintifik memberikan kesimpulan bahwa domain empiris hanya sebagai penunjang dan bukan merupakan satu-satunya cara untuk mengaplikasikan pendekatan saintifik. Secara operasional langkah ini dapat dilakukan dengan cara memodifikasi langkah mengamati objek yang empiris menjadi mengamati gejala yang fenomenologis. Hal ini dikarenakan karakteristik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tidak hanya empiris namun juga meta empiris. Penelitian ini tidak terlepas dari kelemahan. Secara konseptual penelitian ini hanya membahas kulit luar kajian filosofis mengenai tinjauan pendidikan Islam terhadap pendekatan saintifik. Rancangan pendekatan saintifik dalam penelitian ini tidak begitu jauh memerinci langkahlangkah prosedural untuk keperluan praktis.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Kusaeri
Uncontrolled Keywords: Saintifik; Pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 09:02
Last Modified: 10 Jan 2018 01:35
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/846

Actions (login required)

View Item View Item