PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED DENGAN SETTING PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO

Widyaningsih, Ana (2014) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED DENGAN SETTING PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TABUNG DAN KERUCUT DI KELAS IX SMP NEGERI 2 PUNGGING MOJOKERTO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (37kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran merupakan salah satu cara untuk mengembangkan keterampilan siswa, sehingga siswa dapat menerapkan konsep matematika yang telah dipelajari di sekolah dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang mengembangkan keterampilan siswa adalah pembelajaran nested yang dapat dipadukan dengan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat (valid, praktis dan efektif) pembelajaran terpadu tipe nested dengan setting pembelajaran berbasis masalah yang sudah diterapkan di SMP Negeri 2 Pungging pada materi tabung dan kerucut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengambilan subjek dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas IX-G SMP Negeri 2 Pungging. Model pengembanagan perangkat pembelajaran yang digunakan adalah model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi 3-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini meliputi RPP, buku siswa, dan LKS. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan sintaks, lembar pengamatan aktivitas siswa, soal tes,dan lembar angket respon siswa.
Dari pengembangan pembelajaran yang telah dilaksanakan, diperoleh data sebagai berikut: RPP-tabung sebesar 3,38; RPP-kerucut sebesar 3,43; buku siswa sebesar 3,11; LKS-tabung sebesar 3,25 dan LKS-kerucut sebesar 3,39. Dari penilaian validator tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran tersebut valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dari penilaian validator. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan keterlaksanaan sintaks sebesar 3,67; aktivitas siswa sebesar 91,15%; ketuntasan belajar siswa sebesar 86,67% dan respon positif siswa sebesar 89,17%. Dari hasil di atas, maka pembelajaran terpadu tipe nested dengan setting pembelajaran berbasis masalah pada materi tabung dan kerucut telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Terpadu; Nested; Pembelajaran Berbasis Masalah; RPP; LKS; Buku Siswa;
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 08:41
Last Modified: 16 Feb 2015 08:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item