ANDRAGOGI DALAM SURAH AL-KAHFI DAN RELEVANSINYA DENGAN ANDRAGOGI PENDIDIKAN

Fitriyah, Lailatul (2014) ANDRAGOGI DALAM SURAH AL-KAHFI DAN RELEVANSINYA DENGAN ANDRAGOGI PENDIDIKAN. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penulis mengkaji surah al-Kahfi, karena dalam surah al-Kahfi terdapat kisah-kisah menarik yang sangat penting untuk di teiliti sebab berhubungan dengan Andragogi pendidikan.
Rumusan masalah tesis ini adalahbagaimanakonsep andragogi dalam surah al-Kahfi ? , Bagaimana relevansi teori andragogi dalam pendidikan dengan andragogi dalam surah al-Kahfi ?. Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep andragogi dalam surah al-Kahfi,untuk mengetahui relevansi teori andragogi dengan andragogi dalam surah al-Kahfi
Manfaat penelitian ini secara teoritis adalah sebagai bahan pelajaran bagi pembaca dan diharapkan menjadi konstribusi pemikiran, menambah literatur perpustakaan UINSA Surabaya serta diharapkan menjadi sandaran awal bagi peneliti berikutnya yang memiliki fokus permasalahan yang sama, dan penelitian ini dapat dikembangkan. Bagi penulis, kajian ini dapat menambah wawasan dan pemahaman secara teoritis tentang konnsep Andragogi dalam surah Al-Kahfi dan relevansinya dengan Andragogi pendidikan. Kedua yaitu manfaat secara praktis dapat memberi alternatif untuk dijadikan acuan dalam pendidikan orang dewasa baik dilembaga formal maupun non formal.
Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, 1. Teori andragogi yang terdapat dalam surah al-Kahfi yaitu : a. Motivasi, motivasi yang diperlihatkan oleh Nabi Musa dalam kisah itu sangatlah kuat. Hal itu bisa dilihat ketika ia melakukan perjalan ilmiyah bersama Nabi Khidir. b. Adanya bekal / biaya untuk belajar, dalam kisah itu Nabi Musa membawa bekal dalam perjalanan ilmiyahnya. Hal ini menunjukkan biaya sangat dibutuhkan dalam belajar. c.Adanya seorang guru, Nabi Khidir merupakan guru yang mengajarkan Nabi Musa ilmu ladunny, ia bertugas memberi pelajaran pada Nabi Musa tentang ilmu yang ia miliki.d.Adab dalam belajar, ketawaddu’an Nabi Musa diperlihatkan ketika Nabi Musa meminta dengan halus kepada Nabi Khidir untuk ikut serta menimba ilmu bersama. e. Sabar dalam belajar, dalam surah al-Kahfi ayat terdapat ketidak sabaran Nabi Musa dengan apa yang ia lihat ketika bersama Nabi Khidir, akan tetapi Nabi Khidir mengingatkan Nabi Musa untuk bersabar. f. Kritis dalam belajar, dalam surah al-Kahfi terdapat term yang menunjukkan .pemuda itu dan Nabi Musa ketika ikan yang dibawa mereka tiba-tiba hilang. Dalam ayat itu juga terdapat sanggahan Nabi Musa yaitu ketika Nabi Musa dan Nabi Khidir melakukan perjalanan ilmiyah. Hal itu menunjukkan kekritisan Nabi Musa dalam berfikir.g. Evaluasi , evaluasi dalam surah al-Kahfi menggunakan evaluasi pre-test dan pos-tes, yakni evaluasi diawal pembelajaran dan evaluasi diakhir pembelajaran. h.Belajar dari pengalaman, dalam surah Al-Kahfi yang ditekankan yaitu proses belajar dari pengalaman, Nabi Musa dan Nabi Khidir mengalami berbagai peristiwa yang dapat dijadikan pembelajaran dalam kehidupan sehari-hari.
2. Relevansi antara Andragogi pendidikan dan andragogi dalam surah al-Kahfi yaitu :
a. Relevansi similirasi, yaitu Relevansi Andragogi Surah Al-Kahfi Memiliki kesamaan dengan Andragogi pendidikan.
b. Relevansi komplementasi yaitu Andragogi surah Al-Kahfi memiliki hubungan saling mengisi,.
c. Relevansi korektif yaitu Andragogi surah al-Kahfi mengoreksi teori yang terdapat dalam Andragogi pendidikan.

Email:
Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Burhan Djamaluddin
Uncontrolled Keywords: Surah Al Kahfi; Andragogi Pendidikan
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2015 08:39
Last Modified: 16 Feb 2015 08:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/841

Actions (login required)

View Item View Item