Pengaruh strategi Writing in The Here and Now terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Babat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Himmatul (2010) Pengaruh strategi Writing in The Here and Now terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 4 Babat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Ulya_D21206291.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh strategi writing in the here and now terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Babat. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang rumusan masalah yang meliputi penerapan strategi writing in the here and now mata pelajaran pendidikan agama islam dan keaktifan belajar siswa dalam mengikuti proses belajar dengan menggunakan strategi writing in the here and now serta pengaruh keduanya dengan dilengkapi kajian teori yang mambahas tentang strategi writing in the here and now dan keaktifan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif-korelasional, yakni metode penelitian lapangan yang memerlukan analisa statistic yang sesuai dengan permasalahan yang ada, kerena penelitian ini berusaha untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi writing in the here and now terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajara pendidikan agama islam. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua peneliti menggunakan rumus prosentase,untuk rumusan masalah yang ketiga peneliti menggunakan rumusan product moment. Sedangkan untuk pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview, angket dan dokumentasi.penelitian ini dilakukan dengan mengambil sample 31 siswa dari 153 jumlah siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Babat. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penggunaan strategi writing in the here and now tergolong sangat baik dengan prosentase 86,1 % pada katetegori 85%-100% dan keaktifan belajar siswa tergolong cukup baik dengan prosentase 67% dan termasuk pada kategori 56%-75%.sedang dari analisa product moment menunjukkan adanya korelasi yang sedang atau cukupan antara pengaruh strategi writing in the here and now terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 4 Babat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, HimmatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan Islam
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Uncontrolled Keywords: Strategi Writing In The Here And Now
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 05 Jul 2019 06:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8378

Actions (login required)

View Item View Item