PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH USWATUN HASANAH BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiya, Zakiya (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH TSANAWIYAH USWATUN HASANAH BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam upaya untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran SAVI dan bagaimanakah motivasi belajar siswa serta adakah pengaruh metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih yang di laksanakan di Madrasah Tsanawiyah Uswatn Hasanah Bangkalan, Metode Pembelajaran SAVI adalah metode pembelajaran yang menuntut siswa untuk menggunakan semua alat indra mereka untuk mendapatkan hasil belajar yang diinginkan. Sedangkan motivasi belajar merupakan daya penggerak yang memberikan dorongan bagi siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan memberi arah dalam mencapai tujuan belajar.
Sktipsi ini adalah hasil penelitian kuantitatif, sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan sample jenuh karena siswa kelas VIII di MTs Uswatun Hasanah Bangkalan hanya berjumlah 28 siswa, peneliti menggunakan kelas VIII karena terdapat materi yang sesuai dengan metode pembelajaran SAVI, sedangkan jumlah keseluruhan siswa MTs Uswatun Hasanah Bangkalan berjumlah 81 siswa. Dan untuk metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, interview, angket, dan dokumentasi. Untuk mengetahui pelaksanaan metode SAVI dan motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap peningkatan motivasi belajar siswa penulis menggunakan rumus product moment (rxy).
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran SAVI terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dengan skor 0,487. Jika di konsultasikan kepada table harga kritik dari r Product Moment dengan taraf kesalahan 5% dan 1% dengan nilai N = 28, maka harga r table 5% = 0,374 dan 1% = 0,478. Ternyata harga r hitung lebih besar dari harga r table, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Selain dapat menggunakan table, juga dapat dihitung dengan uji t. perolehan t hitung 2,844 dan dengan taraf kesalahan 5% dan 1% dengan nilai db = 26, maka diperoleh t table dengan 5% = 2,056 dan 1% = 2,779. Ternyata angka t hitung lebih besar dari t table, sehingga Ho di tolak dan Ha di terima.
Dari hasil perhitungan rumus tersebut dapat diketahui bahwa pengaruh metode pembelajaran SAVI (Somatis, Auditori, Visual, Intelektual) terhadap peningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di Madrasah Tsanawiyah Uswatn Hasanah Bangkalan cukup tinggi, karena rxy= 0,487 terletak antara 0,400 sampai dengan 0,600 dengan besar pengaruh cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiya, ZakiyaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Savi; Somatis; Auditori; Visual; Intelektual
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 06:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8371

Actions (login required)

View Item View Item