EFEKTIFITAS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 SURABAYA

Salim, A. Agus (2010) EFEKTIFITAS STRATEGI HEURISTIK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 10 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Efektifitas Strategi Heuristic Terhadap Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 10 Surabaya dengan beberapa rumusan masalah yaitu (1) bagaimana pelaksanaan strategi heuristik di SMPN 10 Surabaya, (2) bagaimana pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 10 Surabaya dan (3) bagaimana efektifitas strategi heuristic terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 10 Surabaya?
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara, angket, tes dan dokumenter. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik yaitu rumus prosentase, mean dan uji-t (t-test) agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil dari pelaksanaan strategi heuristic dalam meningkatkan pemahaman siswa tergolong cukup baik, karena nilai yang diperoleh dari hasil perhitungan prosentase adalah 76%-100%. Hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada per-item pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 76%-100%. Dari hasil penghitungan uji-t, hasil yang diperoleh adalah 12 dan pada hasil tes signifikasi dalam tabel kritik t di dapat harga kritik 2,002 untuk taraf signifikansi 95% dan 2,666 untuk taraf signifikansi 99% Dengan mengkonsultasikan pada harga kritik, ternyata t hasil penghitungan jauh lebih besar dari pada harga kritiknya, sehingga hipotesis nihil yang diajukan ditolak baik untuk taraf kepercayaan 95% maupun pada taraf kepercayaan 99%. Jadi kesimpulan yang dapat penulis tarik adalah hipotesis kerja (Ha) dapat diterima dan hipotesis nihil (Ho) di tolak. Sehingga yang berlaku adalah pelaksanaan strategi heuristic didalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMPN 10 surabaya bisa diterima

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Heuristik
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 17 Feb 2015 04:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8368

Actions (login required)

View Item View Item