EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMAN 1 TANJUNG BUMI BANGKALAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abidin, Zainal (2010) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN STRATEGI GROUP RESUME TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMAN 1 TANJUNG BUMI BANGKALAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Belajar pada hakikatnya adalah keterlibatan aktif siswa dalam memahami konsep-konsep, memecahkan masalah dan menemukan segala sesuatu untuk dirinya. Strategi, metode, teknik serta media yang digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran harus mampu menjadikan siswa ikut berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada bidang studi PAI hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi. Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Group Resume, yakni pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dalam pembelajaran ini siswa bekerja dalam kelompok-kelompok heterogen yang beranggotakan 3-6 siswa. Setiap kelompok mempunyai tanggung jawab dalam menyelesaikan permasalahan, selain itu siswa juga diharapkan untuk dapat menemukan dan memahami konsep-konsep serta saling mendiskusikan masalah yang muncul dengan temannya.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan Strategi Group Resume, Bagaimana hasil belajar siswa melelaui pembelajaran Strategi Group Resume, Bagaimana efektivitas penerapan strategi group resume terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Tanjung Bumi Bangkalan, jenis penelitian ini kuantitatif Teknik pre eksperimental design yaitu penelitian yang menggunakan rancangan one group design pre-test post-test yang kemudian dilanjutkan dengan analisis Statistik Uji t (Rumus Fisher) untuk menganalisa data tersebut. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi kelas XI dengan jumlah 80 siswa. Pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA (40 siswa) sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI IPS (40 siswa) sebagai kelompok kontrol.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Bardasarkan analisis data yang diperoleh: kategori kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran Strategi Group Resume tergolong cukup baik sehingga dikatakan efektif, Perbedaan ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata kelompok Eksperimen dari 6,25 (Pre-Test) menjadi 8,6 (Post-Test) dan kelompok kontrol dari 6,35 (Pre-Test) menjadi 7,1 (Post-Test). Ini menunjukkan tingkat signifikansi sebesar 1,4. Dalam hasil perhitungan Uji t diperoleh to sebesar 75. Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 dan taraf signifikansi 1% yaitu 2,65 (2,00 75 2,65).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaan Strategi Group Resume cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada bidang studi PAI kelas XI SMAN 1 Tanjung Bumi Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abidin, ZainalUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Group Resume
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2010
Last Modified: 11 Feb 2015 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8353

Actions (login required)

View Item View Item