PENERAPAN INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY CLASS (ICT C) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI FIQIH KELAS X DI SMAN 1 WARU SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

FAIZAH, NUR (2010) PENERAPAN INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY CLASS (ICT C) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI FIQIH KELAS X DI SMAN 1 WARU SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) di SMAN 1 Waru Sidoarjo, metode penyampaian ICT-C (Information Communication and Technology Class) dan menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan ICT-C (Information Communication and Technology Class). Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pengembangan ICT-C (Information Communication and Technology Class) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada materi Fiqih. Penelitian skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di SMAN 1 Waru Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dilakukan dengan reduksi data, triangulasi, display data dan kesimpulan data. Sehingga data yang terkumpul dikelompokkan dengan cara memilah dan memilih data yang akan digunakan, kemudian data yang ada diperiksa kembali dengan cara membandingkan data hasil observasi, dokumentasi dan data hasil wawancara. Selanjutnya data disajikan dalam bentuk yang sesuai sehingga mudah dibaca dan dipahami. Kemudian data dianalisis dan diambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada materi Fiqih di kelas X SMAN 1 Waru Sidoarjo, sejauh ini pengembangannya masih belum optimal. Hal ini dapat dicermati pada sarana infrastrukturnya yang cukup sederhana, yang terdiri dari hardware (berupa komputer dan LCD proyektor), software (CD/DVD dan interactive software) dan brainware. Namun demikian, penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) dalam materi cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik. Sedangkan faktor pendukung keberhasilan penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) antara lain tenaga pendidik Pendidikan Agama Islam yang berkompeten, kepemilikan laptop pribadi bagi peserta didik, sehingga peserta didik lebih antusias terhadap pembelajaran ICT-C (Information Communication and Technology Class). Adapun faktor penghambatnya antara lain terbatasnya buku referensi di perpustakaan, terbatasnya kemampuan pendidik dalam pengoperasian media, baru sebatas penggunaan tampilan powerpoint dengan komputer dan LCD proyektor, dan sarana prasarana yang masih belum cukup memadai sehingga penerapan ICT-C (Information Communication and Technology Class) belum optimal

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
FAIZAH, NURUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: INFORMATION COMMUNICATION AND TECHNOLOGY CLASS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 03:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8348

Actions (login required)

View Item View Item