ANALISIS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL (PERMENDIKNAS) No.23 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR KONPETENSI LULUSAN (SKL) PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS OUT PUT SISWA DI SMA SENOPATI SEDATI

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najah, Amirotun (2010) ANALISIS PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL (PERMENDIKNAS) No.23 TAHUN 2006 TENTANG STANDAR KONPETENSI LULUSAN (SKL) PADA MATA PELAJARAN PAI DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS OUT PUT SISWA DI SMA SENOPATI SEDATI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan pendekatan diskriptif kualitatif untuk menjawab pertanyaan, bagaimana implementasi dan upaya-upaya di SMA Senopati Sedati dalam rangka pencapaian Standar Kompetensi Lulusan Pada mata Pelajaran PAI dalam upaya meningkatkan kualitas out put siswa.
Data skripsi ini dihimpun melalui penelitian lapangan yaitu di SMA Senopati Sedati, serta kajian pustaka tentang Permendiknas tentang SKL pada mata pelajaran PAI, konsep Pendidikan Agama Islam serta faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas out put siswa, yang selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, display data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Permendiknas yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan Nasional tentang Standar Kompetensi Lulusan adalah relevan digunakan sebagai acuan/pedoman dalam menentukan kelulusan siswa pada proses pembelajaran PAI di SMA Senopati Sedati demi terciptanya out put yang berkualitas. Hal ini ditinjau dengan adanya indikasi bahwa: a). Terdapatnya lingkup materi minimal, b). Kurikulum yang lebih fokus dan terarah pada pencapaian tujuan, serta c). Standar ketuntasan minimal pada mata pelajaran.
Adapun upaya peningkatan kualitas hsil belajar (out put) siswa pada mata pelajaran PAI melalui SKL yang telah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional adalah dengan diadakannya kegiatan work shop serta Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) tingkat sekolah dan tingkat kota bersama sekolah lain yang ada di kabupaten Sidoarjo dengan mengirimkan perwakilan salah satu guru mata pelajaran dari msing-masing sekolah yang membahas tentang perangkat pembelajaran, serta metode pembelajaran.
Sejalan dengan tujuan dikeluarkannya UU Permendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang SKL dan hasil analisis yang telah ditemukan, maka kepada pihak sekolah SMA, terutama pemegang otoritas penyusun kurikulum (wakil kurikulum) di SMA Senopati Sedati disarankan supaya berusaha untuk menjadikan pembelajaran di SMA Senopati Sedati khususnya pada mata pelajaran PAI lebih baik lagi dan maksimal, serta menjadikan peserta didik lebih bersemangat dalam memperdalam PAI, sehingga nilai-nilai keagamaan itu dapat dengan mudah diaplikasikan oleh siswa serta kualitas out put siswa itu juga akan mudah tercapai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najah, AmirotunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: PP No. 23 TAHUN 2006; Standar Konpetensi Lulusan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 03:03
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8347

Actions (login required)

View Item View Item