PENGARUH GURU RANGKAP JABATAN TERHADAP PRESTASI SISWA DI MTs. DARUSSALAM AL-FAISHOLIYAH BUNTEN BARAT KEC. KETAPANG SAMPANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rasyid, Abdul (2010) PENGARUH GURU RANGKAP JABATAN TERHADAP PRESTASI SISWA DI MTs. DARUSSALAM AL-FAISHOLIYAH BUNTEN BARAT KEC. KETAPANG SAMPANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Judul skripsi ini adalah PENGARUH GURU RANGKAP JABATAN TERHADAP RESTASI SISWA DI MTs. DARUSSALAM AL-FAISHOLIYAH KEC. KETAPANG SAMPANG. Dalam merampungkan karya ilmiah skripsi dengan judul tersebut, penulis melakukan penelitian ke salah satu sekolah menengah pertama yang ada di Sampang, Madura. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan adanya pengaruh guru rangkap jabatan terhadap prestasi belajar siswa untuk menggambarkan suatu tujuan, diantaranya:
1. Guru rangkap jabatan MTs. Darussalam Al-faisholiyah Sampang
2. Prestasi belajar siswa MTs. Darussalam Al-faisholiyah Sampang
3. Ada dan tidaknya pengaruh guru rangkap jabatan terhadap prestasi belajar siswa di MTs. Darussalam Al-faisholiyah Sampang.
Adapun metode yang dipakai dalam pengumpulan data antara lain: Angket, Dokumentasi, Observasi, dan Interview.
Dan untuk menganalisa data tersebut, penulis menggunakan analisa statistik yaitu prosentase dan tekhnik analisa Chi kuadrat.
Kesimpulan yang diperoleh dari penlitian ini adalah sebagai berikut:
1. Dari angket yang telah disebarkan kepada responden, ternyata ada 15 dari 28 jumlah guru yang merangkap jabatan dengan persentase 53,5 %.
2. Adapun rata-rata dari hasil prestasi siswa menunjukkan 90,2 % secara keseluruhan.
3. Hasil angket menunjukkan bahwa guru rangkap jabatan tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap prestasi siswa di MTs. Darussalam Al-Faisholiyah Bunten Barat Kec Ketapang Sampang. dilihat dari hasil Chi Kwadrat = 0.53 dengan d.b 1 diperoleh harga kritik Chi kwadrat sebagai berikut:
- Pada taraf signifikan 5 % X2 = 3.841
- Pada taraf signifikasi 1 % X2 = 6.635.
- Hasil pengujian variabel x dan variabel y menunjukkan bahwa guru rangkap jabatan tidak ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa, setelah dimasukkan pada rumus KK (koefisien kontigensi) dengan hasil 0.034 yang berarti guru rangkap jabatan tidak ada pengaruhnya terhadap prestasi siswa di MTs. Darussalam Al-Faisholiyah Bunten Barat Kec. Ketapang Sampang.
Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada pihak sekolah agar bisa memberikan perhatian secara khusus kepada siswa, dengan memberi perhatian saat belajar serta memantau proses belajar siswa. Guru juga diharapkan selalu berkomunikasi dengan pihak sekolah agar bisa memotivasi siswainya untuk belajar dan berprestasi secara optimal. Sedangkan saran untuk guru, adalah memperhatikan kebutuhan siswa terutama pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dengan memberikan petunjuk-petunjuk belajar sehingga seluruh siswa akan memilki motivasi belajar yang tinggi. Maka tujuan pendidikan yang diharapkan akan tercapai dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rasyid, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Guru
Uncontrolled Keywords: GURU RANGKAP JABATAN
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 04:40
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8346

Actions (login required)

View Item View Item