PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS DARUL ULUM MEDALI -DALIWANGUN - SUGIO -LAMONGAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al-jabar, Abdul Aziz (2010) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MTS DARUL ULUM MEDALI -DALIWANGUN - SUGIO -LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, hal ini disebabkan pembelajaran Aqidah Akhlak yang dilaksanakan di madrasah masih berjalan konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi, guru kurang memberikan ruang pada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, dimana siswa dapat berperan aktif dan lebih terampil dalam segala bidang.
Salah satu alternative yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC), strategi ini merupakan strategi pembelajaran kelompok dengan menggunakan lingkaran besar dan lingkaran kecil kemudian siswa berputar searah jarum jam lalu siswa saling berbagi informasi sesuai dengan materi yang di dapat.
Penelitian yang bejudul Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Darul Ulum Medali-Daliwangun-Sugio-Lamongan ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Darul Ulum. Bagaimana hasil belajar mata pelajaran Aqidah akhlak dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) di MTs Darul Ulum. Adakah pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) terhadap Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Darul Ulum dan apabila ada pengaruh maka sejauh mana pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Mts Darul Ulum.
Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Mts Darul Ulum yang berjumlah 163 siswa.dan peneliti mengambil sampel dari kelas VIII A/B yang berjumlah 65 siswa.
Berdasarkan analisis data yang di peroleh : penerapan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Medali-Daliwangun-Sugio-Lamongan dikategorikan Baik, hal ini terbukti dari hasil observasi yang nilai rata-rata keseluruhan aspek baik dari observasi pertama dan ke dua yang diperoleh adalah 3,59. Dan hasil prosentasi jawaban angket yang menunjukkan hasil rata-ratanya mencapai 79,9%. Sedangkan Hasil belajar mata pelajaran Aqidah akhlak dengan menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) di MTs Darul Ulum Medali-Daliwangun-Sugio-Lamongan dikategorikan Baik karena hasil dari perhitungan rata-rata nilai raport mendapat nilai 8,5 dan Hasil perhitungan nilai rxy = 0,420 , kemudian pada tabel r product moment dengan db 63, diperoleh nilai pada taraf 5% = 0,244-0,254 dan taraf 1% = 0,317- 0,330. Dengan demikian nilai rxy lebih besar dibandingkan dengan nilai taraf 5% maupun 1%. Dengann demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga yang berlaku adalah hipotesa yang berbunyi ada pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle (IOC) Terhadap Hasil Belajar mata pelajaran Aqidah akhlak di MTs Darul Ulum Medali-Daliwangun-Sugio-Lamongan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al-jabar, Abdul AzizUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle; Mts Darul Ulum Medali
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 11 Feb 2015 07:49
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8345

Actions (login required)

View Item View Item