IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PENYANDANG CEREBRAL PALSY DI SLB/ D-YPAC SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochman, Andri Taufikur (2010) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PENYANDANG CEREBRAL PALSY DI SLB/ D-YPAC SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (389B)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (389B)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (389B)

Abstract

Dalam skripsi ini menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Penyandang Cerebral palsy di SLB/ D YPAC Surabaya, menurut arti kata Cerebral Palsy berarti kelumpuhan otak. Yang dimaksud adalah kecacatan yang mempengaruhi gerakan dan posisi tubuh. Cerebral palsy berasal dari kerusakan otak yang terjadi sebelum bayi dilahirkan, pada waktu persalinan, atau pada masa bayi. Tidak seluruh otak rusak, hanya bagian-bagian tertentu, terutama bagian-bagian syaraf yang mengontrol gerakan.
Anak cerebral palsy sendiri adalah sebagai bagian dari warga Negara Indonesia dan generasi penerus bangsa, tidak terlepas dari sentuhan nilai-nilai keagamaan, sehingga penyelenggaraan pendidikan bagi anak cerebral palsy termasuk sebagai pengamalan nilai-nilai keagamaan yang harus diperhatikan oleh setiap warga Negara.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak penyandang cerebral palsy, baik mengenai kurikulum, metode, evaluasi serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak penyandang cerebal palsy di YPAC Surabaya.
Jenis penelitian ini dapat dikategorikan sebagai jenis penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan menganalisis data yang di peroleh tanpa mempersoalkan hubungan antar variable, sedangkan sumber datanya diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PAI bagi anak penyandang cerebral palsy di YPAC Surabaya sudah cukup baik karena pendidikan bagi anak cerebal palsy tergolong sudah memenuhi standart pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dan sudah dilengkapi dengan sarana prasarana yang memadai, meskipun masih butuh pengembangan agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih baik lagi.
Untuk itu penulis menyarankan kepada kepala YPAC Surabaya dan Guru-guru untuk terus meningkatkan pendidikan bagi anak penyandang cerebal palsy secara umum dan meningkatkan metode mengajar bagi Guru PAI. Bagi penulis bahwasannya tidak ada sesuatu yang sempurna di muka bumi ini dan penulisan skripsi ini tentulah masih banyak kekurangan yang belum penulis ketahui.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochman, Andri TaufikurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islam
Uncontrolled Keywords: Cerebral Palsy; SLB
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 04:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item