PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Nur (2010) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 4 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab3-4.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya proses pembelajaran di sekolah-sekolah memposisikan siswa sebagai pendengar ceramah guru. Akibatnya proses pembelajaran cenderung membosankan dan menjadikan siswa pasif dalam belajar. Maka dari itu, perlu kiranya dicarikan formula pembelajaran yang tepat, sehingga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, yaitu dengan dilaksanakannya pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples. Pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples merupakan suatu model pengajaran guru dengan menggunakan contoh-contoh atau gambar yang relevan dengan KD, sehingga dapat membantu siswanya belajar disetiap mata pelajaran. Di mana siswa bekerja dalam kelompok-kelompok kecil, saling membantu belajar satu sama lainya dengan beranggotakan 4-6 siswa atau lebih.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples pada mata pelajaran PAI, 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII, 3) Dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP Negeri 4 Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif korelasional di mana analisisnya menggunakan statistik dan dalam hal ini data yang diperoleh melalui beberapa teknik di antaranya adalah observasi, interview, angket, serta dokumentasi. Data yang diperoleh untuk menjawab permasalahan di atas adalah 1) bahwa pelaksanaan pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples adalah tergolong baik dengan nilai 82â„…, 2) bahwa hasil belajar siswa kelas VIII setelah menggunakan model Examples Non Examples adalah tergolong baik dengan nilai 77,475â„…, 3) Sedangkan adanya pengaruh pembelajaran kooperatif model Examples Non Examples terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan hasil dari rumus product moment yaitu 0.549 yang dikonsultasikan dengan interpretasi r tabel dan hasilnya adalah cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Model Examples; Non Examples;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 05:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8334

Actions (login required)

View Item View Item