IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM KORELATIF (CORRELATED CURRICULUM) DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN FIQH DI MTS ROUDLOTUL ULUM JOMBANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ZUHROH, AMINATUZ (2010) IMPLEMENTASI PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN KURIKULUM KORELATIF (CORRELATED CURRICULUM) DALAM MENINGKATKAN PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN FIQH DI MTS ROUDLOTUL ULUM JOMBANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengetahuan mengenai isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian tugas seorang guru sebagai pendidik akan terasa lebih ringan. Mengingat pola masyarakat yang senantiasa berubah maka kurikulumpun akan mengalami perubahan. Kurikulum sangat berkaitan erat dengan tinggi dan rendahnya kualitas lulusan (output ) maka diperlukan pendekatan dalam melaksanakan belajar mengajar dengan menggunakan Kurikulum Korelatif (Correlated Curriculum) yaitu kurikulum yang menekankan perlunya hubungan antara dua mata pelajaran atau lebih.
Dari latar belakang tersebut, memunculkan runusan masalah sebagai berikut: a. mendeskripsikan Kurikulum Korelatif (Correlated Curriculum). B. bagaimana implementasi proses pembelajaran dengan pendekatan kurikulum korelatif (Correlated Curriculum) dalam meningkatkan pencapaian tujuan pembelajaran Fiqh di MTs Roudlotul Ulum Jombang.
Adapun penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data-datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi Proses Pembelajaran Dengan Pendekatan Kurikulum Korelatif (Correlated Curriculum) Dalam Meningkatkan Pencapaian Tujuan Pembelajaran Fiqh di MTs Roudlotul Ulum Jombang adalah baik hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara dengan kepala sekolah serta guru bidang studi fiqh serta hasil angket yang dibarikan kepada responden sebagai pendukungnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
ZUHROH, AMINATUZUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan > Kurikulum
Uncontrolled Keywords: CORRELATED CURRICULUM
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 18 Feb 2015 06:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8331

Actions (login required)

View Item View Item