IMPLEMENTASI SISTEM CANTOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najwa, Maslikhatin (2010) IMPLEMENTASI SISTEM CANTOL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NURUL ISLAM PONGANGAN MANYAR GRESIK. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (97kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan sistem cantol pada mata pelajaran fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik, bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik sebelum dan sesudah sistem cantol diterapkan, adakah peningkatan prestasi belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi sistem cantol pada Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik dan apakah sistem cantol dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik. Adapun isi dari skripsi ini terdiri dari empat bab, yaitu pendahuluan, kajian teori, laporan hasil penelitian dan penutup.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Pre Experimental Design yaitu penelitian yang menggunakan one group design pre-test dan post-test yang dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding. Di dalam design ini, observasi dilakukan 2 kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Observasi yang dilakukan sebelum eksperimen (O1) disebut pre-test dan observasi sesudah eksperimen (O2) disebut post-test. Jadi yang akan peneliti lakukan terkait dengan penelitian ini adalah memberikan test sebelum dan sesudah sistem cantol di terapkan yang di kenal dengan pre-test dan post test pada siswa satu kelas di MI. Nurul Islam yang menjadi objek penelitian tanpa menggunakan kelompok pembanding.Sedangkan Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview, test serta dokumentasi. Kemudian data yang telah di peroleh di analisis menggunakan metode diskriptif kualitatif untuk memberikan penjelasan dan telaah dokumen kemudian data tersebut di analisis dengan pola pikir induktif, yaitu mengemukakan fakta dan data tentang implementasi sistem cantol pada Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik kemudian dilihat dari sudut pandang teori-teori yang berhubungan dengan pendidikan, kemudian untuk mengetahui kesimpulannya dilakukan secara verifikatif yaitu dengan menilai antara teori dengan fakta atau kenyataan, yaitu setelah mengetahui gambaran implementasi sistem cantol pada Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik dan kemudian di analisis apakah penerapannya sesuai dengan teori-teori kependidikan.
Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa implementasi sistem cantol pada Pada Mata Pelajaran Fiqih di MI Nurul Islam Pongangan Manyar Gresik sudah cukup baik meskipun penerapan sistem cantol belum bisa diterapkan sepenuhnya pada mata pelajaran fiqih karena guru bidang studi juga menggunakan metode pembelajaran yang lain dalam menyampaikan materi-materi fiqih, guru bidang studi pun, dalam hal ini adalah Bapak Mohammad Ali, menyesuaikan antara materi yang akan disampaikan kepada siswa dengan sistem pembelajaran yang akan beliau gunakan. Adapun sistem cantol ini berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih, hal ini tampak pada rata-rata nilai siswa pada mata pelajaran fiqih yang sangat memuaskan yakni 93,76. Sebelum sistem cantol diterapkan didapat rata-rata nilai sebesar 76,57 dan nilai tersebut meningkat setelah sistem cantol diterapkan rata-rata nilai menjadi 93,76, kemudian dari selisih rata-rata nilai siswa sebelum dan sesudah sistem cantol diterapkan ternyata diketahui terdapat peningkatan sebesar 17,19. Sementara dari hasil pre test dan post test diketahui bahwa peningkatan prestasi siswa sebesar 17,19 %. Yakni, sebelum sistem cantol diterapkan nilai siswa rata-rata siswa 76,57 % dan setelah sistem cantol diterapkan rata-rata nilai siswa menjadi 93,76 %.
Dengan demikian implementasi sistem cantol terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dengan guru bidang studi adalah Bapak Mohammad Ali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najwa, MaslikhatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Sistem Cantol; MI Nurul Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 02:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8330

Actions (login required)

View Item View Item