PENGARUH SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS MENGAJAR GURU PAI DI SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muthoyibah, Muthoyibah (2010) PENGARUH SUPERVISI KLINIS OLEH KEPALA SEKOLAH TERHADAP PELAKSANAAN TUGAS MENGAJAR GURU PAI DI SMP WACHID HASYIM 7 SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. isi.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. i.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. ii.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iii.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab. iv.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf. pustaka.pdf

Download (7kB) | Preview

Abstract

Dalam mencapai suatu tujuan pendidikan, utamanya out put yang berkualitas, beriman, bermoral dan berilmu pengetahuan tinggi yang satu sama lain sangat menunjang , itu sangat dipengaruhi oleh seorang guru. Maka sudah seharusnya guru mendapatkan suatu perhatian dan pengawasan yang insentif dan sesuai dengan paradigma guru dalam pengajaran. Melihat betapa besar peranan guru dalam menunjang keberhasilan program pendidikan, maka sudah sewajarnya apabila dipilih suatu teknik pengawasan dan perhatian yang mengarah terhadap pengajaran guru. Peran kepala sekolah dalam hal ini sangat dituntut sebagai pelaksana supervisi (supervisor) bisa menumbuhkan etos kerja dan semangat melaksanakan tugas mengajar bagi guru.
Penelitian ini diberi judul Pengaruh Penerapan Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Pelaksanaan Tugas Mengajar Guru Di Smp Wachid Hasyim 7 Surabaya. Dalam penelitian ini masalah yang diteliti adalah: Apakah ada hubungan antara penerapan model supervisi Klinis oleh kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya ?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka (library research) dan penelitian lapangan (field research). Untuk metode lapangan digunakan beberapa teknik Pengumpulan Data yaitu observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Sedangkan teknik analisa datanya, digunakan teknik analisa data kuantitatif dengan menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil penelitian bahwa diperoleh bahwa Pelaksanaan supervisi Klinis oleh kepala sekolah di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya dari table ditunjukkan bahwa penerapannya tergolong cukup baik, Pelaksanaan tugas mengajar guru di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya dari tabel Rekapitulasi data tergolong mendapatkan nilai yang cukup baik, adanya pengaruh penerapan supervisi klinis oleh kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya. Hal ini sesuai dengan perhitungan product moment dengan nilai 0,433 yang dikonsultasikan pada r tabel dengan taraf signifikansi 1 % dan 5 %, nilai r product moment lebih dari pada r tabel. Sedangkan tingkat pengaruh supervise Klinis oleh kepala sekolah terhadap pelaksanaan tugas mengajar guru di SMP Wachid Hasyim 7 Surabaya, setelah dikonsultasikan pada tabel interprestasi nilai r, menunjukkan bahwa letak rxy = 0,433 berada diantara 0,400 – 0,700 yang berarti tingkat pengaruhnya adalah cukup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muthoyibah, MuthoyibahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Evaluasi
Uncontrolled Keywords: Supervisi Klinis; Kepala Sekolah; Tuags Mengajar; Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 13 Feb 2015 07:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8286

Actions (login required)

View Item View Item