Peran konselor dalam upaya mengatasi siswa yang meninggalkan pelajaran di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhaini, Hadi (2010) Peran konselor dalam upaya mengatasi siswa yang meninggalkan pelajaran di SMA Islam Sunan Gunung Jati Ngunut Tulungagung. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:
1. Apa yang selama ini menjadi permasalahan di SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung.
2. Mengapa siswa melakukan tindakan meninggalkan pelajaran di lembaga tersebut.
3. Bagaimana peran Konselor dalam upaya mengatasi masalah siswa yang meninggalkan pelajaran di SMA Islam Sunan Gunung Jati Tulungagung.
Sebelum menjawab pertanyaan tersebut diatas, penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif analisis, yaitu mengkaitkan data pelaksanaan proses Bimbingan Konseling dengan menggunakan beberapa teknik konseling yang ada antara lain konseling Behaviour, konseling kelompok dan individu. Untuk mengetahui proses konseling yang dilakukan berhasil atau tidak, maka penulis membuat perbandingan tentang keadaan klien pada waktu sebelum dan sesudah proses Bimbingan Konseling dilakukan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik konseling yang diterapkan dalam mengatasi masalah yang terjadi di SMA Islam Sunan Gunung Jati berhasil, terbukti dengan adanya perubahan perilaku siswa yang tadinya negatif berubah menjadi berperilaku positif. Adapun kronologisnya adalah: Konselor memberikan stimulus kepada klien dengan membuat suasana yang nyaman dan bersahabat agar klien bebas menyampaikan masalah dan alasannya, kemudian Konselor meyakinkan bahwa tindakannya ini adalah benar tentunya dengan memberikan saran, motivasi dan nasehat dengan penuh kesabaran. Hasil yang dapat dilihat dan rasakan adalah siswa sudah tidak melakukan tindakan meninggalkan pelajaran dan tidak melakukan hal-hal yang melanggar tata tertib sekolah maupun Pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhaini, Hadi--UNSPECIFIED
Subjects: Bimbingan Konseling
Kenakalan Anak dan Remaja
Keywords: Konselor; meninggalkan pelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 17 Jan 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item View Item