Strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga : study kasus bapak H. Marhasan di Desa Kemlagi Kecamatan Kemlagi Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Surul, Miftakhul (2010) Strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga : study kasus bapak H. Marhasan di Desa Kemlagi Kecamatan Kemlagi Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Surul_D51206361.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan agama merupakan pendidikan yang pertama dan utama yang sangat dibutuhkan bagi anak. Dimana hal tersebut secara langsung berpengaruh terhadap perilaku dan perkembangan anak. Sedangkan pendidikan agama pada anak dalam keluarga merupakan awal pembentukan kepribadian, baik atau buruk kepribadian anak tergantung pada pendidikan serta lingkungan yang mengasuhnya. Oleh karena itu, sebagai keluarga muslim, orang tua mempunyai kewajiban memberikan pendidikan dan bimbingan kepada anak. Mengingat pentingnya pendidikan agama, maka orang tua harus mempunyai pengetahuan yang cukup dalam menegakkan pilar-pilar pendidikan agama dalam keluarga. Dengan demikian masalah yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah: Bagaimana strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga, faktor-faktor penunjang dan penghambat dalam strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga, Sedangkan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan serta menjawab permasalahan diatas. Dalam pembahasan skripsi digunakan pendekatan teoritis dan empiris. Teoritis bersumber pada kepustakaan dan empiris dilakukan dengan mencari, mengamati, dan mengolah data dari lapangan, yang mengambil obyek dari keluarga bapak H. Marhasan di desa kemlagi Kecamatan Kemlagi Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Beberapa deskripsi tersebut digunakan untuk menemukan prinsip-prinsip dan penjelasan yang menuju pada kesimpulan. Hasil penelitian secara ringkas menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga bapak H. Marhasan di desa kemlagi Kecamatan Kemlagi Mojokerto sudah bisa dikatakan baik untuk bekal anaknya pada masa depan. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan adanya beberapa strategi yang digunakan oleh bapak H. Marhasan diantaranya, strategi keteladanan, strategi pembiasaan, strategi perhatian, dan strategi hukuman. Sedangkan faktor penunjang dan penghambat dalam strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga yaitu Kesadaran orang tua dalam melaksanakan pendidikan agama, terjalinya hubungan yang harmonis, lingkungan masyarakat yang agamis, terdapatnya sarana penunjang pendidikan agama. Adapun faktor penghambat yaitu pengaruh media massa (elektronik dan cetak). Bedasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa strategi pelaksanaan pendidikan agama pada anak dalam keluarga bapak H. Marhasan berhasil dengan baik untuk bekal anaknya pada masa depan

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Surul, MiftakhulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Keluarga > Keluarga Islam
Pendidikan > Anak
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama, Keluarga, Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 27 Jun 2019 07:21
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item