Efektifitas tipe belajar Chaining terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Muhtadin Apa'an Pangarengan Sampang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Nurul (2010) Efektifitas tipe belajar Chaining terhadap pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Muhtadin Apa'an Pangarengan Sampang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (368kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah merupakan salah satu indikator kualitas pendidikan. Berangkat dari indikator diatas untuk itu perlu diupayakan pula perbaikan pada tipe belajar. Tipe belajar chaining merupakan salah satu tipe belajar yang baik, dimana antara stimulus dan respon saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. permasalahan utama yang diambil dalam permasalahan ini adalah: adakah efektifitas tipe belajar chaining terhadap pemahaman siswa?
Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre eksperimental design yaitu penelitian yang menggunakan rancangan one group design pre-test post-test serta dilakukan pada satu kelas tanpa menggunakan kelompok pembanding dengan alasan bahwa antara masing-masing kelas tersebut dikatakan homogen karena sekolahan sudah diterapkan, sedangkan alasan mengambil kelas yang diambil sebagai sampel itu adalah hasil dari diadakannya sampel acak sederhana (sample random sampling). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: metode observasi, metode interview, test serta dokumentasi. Di dalam design ini, observasi dilakukan sebanyak 2 kali yaitu sebagai pre-test dan post-test. Sedangkan untuk menganalisa data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji parametrik (uji paired test atau uji data berpasangan). Dari analisis data hasil pengujian hipotesis telah diperoleh, a). tipe belajar chaining efektif terhadap pemehaman belajar siswa dapat diketahui dengan adanya kemampuan guru dalam menerapkan tipe belajar chaining mendapat 95 % dengan kritera nilai baik. b). hasil analisis untuk pemahaman (ketuntasan belajar ) siswa selama kegiatan. Pembelajaran dengan menggunakan tipe belajar chaining tergolong tuntas atau paham yaitu dapat dilihat dari hasil Pre-Test sebesar 61,15 %, sedangkan pencapaian hasil skor pada saat Post-Test sebesar 76,57 %, sehingga ketercapaian KBM disini meningkat sebesar 15,42 %. Dan dapat dikatakan pula bahwa siswa yang tuntas individual pada KBK sebanyak 34, dari jumlah keseluruhan siswa (KBM) sebanyak 35 siswa. Dengan ketuntasan belajar sebesar 95 %. Oleh karena itu ketuntasan belajar klasikal KBK sebesar 85 %. Maka dapat dikatakan bahwasanya pembelajaran dengan menggunakan tipe belajar chaining dalam pembelajaran fiqih tercapai dengan kriteria tuntas. c). untuk menguji efektifitas tipe belajar tehadap pemahaman belajar siswa dapat dilihat dari hasil uji pairet test yaitu thitung dengan nilai 4,054 lebih besar dari ttabel dengan nilai 2,042, maka dari itu dapat dikatakan tipe belajar chaining efektif terhadap pemahaman belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Nurul--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Chaining
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 07 Sep 2018 04:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8260

Actions (login required)

View Item View Item