ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN TANGKAPAN NELAYAN OLEH PEMILIK PERAHU DI DESA SEGORO TAMBAK KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arista, Iif Nurul (2014) ANALISIS HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI IKAN TANGKAPAN NELAYAN OLEH PEMILIK PERAHU DI DESA SEGORO TAMBAK KECAMATAN SEDATI KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskrptif analisis dengan pola pikir deduktif. Yaitu penulis memaparkan dalil yang menjelaskan tentang sistem sewa perahu dan monopoli jual beli ikan tangkapan nelayan oleh pemilik perahu Di Desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo kemudian diteliti dan dianalisis sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dalam pelaksanaan jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu di Desa Segoro Tambak terdapat permasalahan, yaitu: pertama, tidak adanya kebebasan nelayan untuk menjual ikan hasil tangkapannya kepada orang lain dan ikan hasil tangkapannya hanya dikuasai oleh pemilik perahu saja karena pemilik perahu dan nelayan sudah bersepakat ikut serta dalam hubungan kerja sama. Kedua, ikan yang dijual kepada pemilik perahu itu harganya ditentukan oleh pemilik perahu, dengan harga yang lebih rendah dengan harga dipasaran pada umumnya karena antara pemilik perahu dengan nelayan saling membutuhkan. Nelayan membutuhkan perahu untuk melaut sedangkan pemilik perahu membutuhkan nelayan untuk menjual ikan hasil tangkapan.
Kesimpulannya praktik jual beli ikan hasil tangkapan nelayan oleh pemilik perahu di desa Segoro Tambak Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo adalah sah atau diperbolehkan karena antara pemilik perahu dengan nelayan juga saling membutuhkan meskipun dalam praktiknya tidak adanya kebebasan pada nelayan untuk menjual ikan hasil tangkapannya dan harga yang ditentukan oleh pemilik perahu itu tidak sesuai dengan harga pasaran pada umumnya. Dari kesimpulan diatas hendaknya para pihak yang melakukan jual beli lebih memperhatikan dan melaksanakan jual beli yang sesuai dengan ketentuan Islam supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan dalam mencari nafkah dan diberi keberkahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Suyikno
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arista, Iif NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Hukum Isla; Jual Beli; Nelayan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 09:08
Last Modified: 13 Feb 2015 09:08
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item