Korelasi tindakan punishment dalam bentuk hukuman rohani terhadap motivasi belajar siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Munir (2010) Korelasi tindakan punishment dalam bentuk hukuman rohani terhadap motivasi belajar siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Munir_D31205033.pdf

Download (826kB)

Abstract

Skripsi ini meneliti tentang Korelasi Tindakan Punishment Dalam Bentuk Hukuman Roani Terhadap Motivasi Belajar Siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi dalam diri siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas, sehingga proses pembelajaran terkesan monoton, hal ini disebabkan karena kurangnya pendekatan yang dilakukan guru terhadap siswa. Karena apabila guru melakukan pendekatan kepada siswa, otomatis guru akan mengetahui dan memahami setiap permasalahan yang ada dalam diri siswa. Siswa merasa diperhatikan, sehingga mereka akan lebih terbuka kepada gurunya, dan dapat menyebutkan kelebihan dan kelemahan yang ada dalam dirinya mengenai kesulitan yang mereka hadapi pada mata pelajaran tertentu, selain itu konsentrasi dan perhatian terhadap pelajaran di kelas sangat diperlukan demi tercapainya tujuan pembelajaran. Untuk itu guru dapat melakukan pendekatan kepada siswa, sehingga mereka termotivasi untuk mengikuti pelajaran tersebut. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Tindakan Punishment Dalam Bentuk Bimbingan Roani Terhadap Motivasi Belajar Siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana tindakan punishment dalam bentuk hukuman rohani terhadap MA Darul Ulum Waru Sidoarjo? 2. Bagaimana motivasi belajar siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo? 3. Adakah korelasi tindakan punishment dalam bentuk hukuman rohani terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka-angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yakni seluruh kelas VII C yang berjumlah 40 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi,angket, dokumentasi. Data di analisa dengan metode deskriptif berdasarkan kategori, untuk data kuantitatif dengan product moment. Sedangkan hasil perhitungan antara variabel X (Tindakan Punishment) dan variabel Y (Motivasi Belajar Siswa) diperoleh angka korelasi 0,759 yang berarti kuat.
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya terdapat pengaruh antara tindakan punishment dalam bentuk bimbingan rohani terhadap peningkatan motivasi belajar siswa MA Darul Ulum Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, MunirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Uncontrolled Keywords: Punishment; Motivasi Belajar; Hukuman Rohani
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 03 Jul 2019 01:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item View Item