PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI Di SMP NEGERI 2 GEDANGAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziah, Mila Nur (2010) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI Di SMP NEGERI 2 GEDANGAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (16kB) | Preview

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini penulis mengambil judul Pengaruh Metode Pembelajaran Cooperatife Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo. Yang dimaksud dengan metode pembelajaran CIRC adalah salah satu metode cooperative yang yang komprehensif untuk mengajari pelajaran membaca, menulis dan seni berbahasa. Dalam realitanya, siswa lebih tertarik dengan mencari data yang instan (internet) daripada mencarinya di buku dengan proses membaca tentunya. Akibat yang terjadi dalam memahami suatu pelajaran siswa kurang peka, dan hanya sebatas dipelajari tanpa ada makna yang mengena.
Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan metode pembelajaran CIRC di SMP 2 Gedangan Sidoarjo? 2. Bagaimana pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP 2 Gedangan Sidoarjo? 3. Bagaimana pengaruh penerapan metode pembelajaran CIRC terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI di SMP 2 Gedangan Sidoarjo?
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMP tersebut yang terdiri dari kelas A,B, C, D,E, F, G, H, I, untuk sampelnya adalah kelas IX H dan 10 siswa dari kelas yang lain. Adapun untuk jenis penelitiannya, peneliti menggunakan kuantitatif deskriptif dan desain analisis datanya menggunakan r-product moment. Untuk pengumpulan datanya menggunakan teknik pengumpulandata observasi, dokumentasi, angket, interview.
Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dengan menggunakan perhitungan r product moment, dapat diketahui bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran PAI kelas IX di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo adalah termasuk dalam kategori baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi bahwa kemampuan guru dalam menerapkan metode CIRC selama tiga kali pertemuan termasuk kategori sangat baik dengan nilai rata- rata 3,94 dan juga terbukti dari hasil prosentase responden sebesar 81,55% berarti baik. (2) Pemahaman siswa dalam mata pelajaran PAI tergolong baik. Hal ini terbukti Berdasarkan nilai pre test, post test dan nilai tugas yang dijumlahkan, sehingga mendapatkan rata- rata 8,07 yang berarti baik sesuai dengan daftar nilai raport. Juga aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran CIRC selama tiga kali pertemuan yang tergolong sangat aktif, ini dapat dilihat dari jumlah rata-rata aktivitas siswa aktif sebesar 23,66%. Sedangkan jumlah rata-rata aktivitas siswa tidak aktif sebesar 4,47%. (3) Bahwa pengaruh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dan dibuktikan dengan rumus r product moment dengan rxy sebesar 0,79. Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap pemahaman siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo dapat diinterpretasikan pada tabel interpretasi r product moment. Pada tabel interpretasi menyatakan r = 0,70 – 0,90 menunjukkan antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Chayyi Fanany
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziah, Mila NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran; Cooperative Integrated Reading And Composition
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 03:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item