PERANAN PENERAPAN METODE HERBART DALAM PEMAHAMAN SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANJAR KEMANTREN I SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Umi Azizatun (2010) PERANAN PENERAPAN METODE HERBART DALAM PEMAHAMAN SISWA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH DASAR NEGERI BANJAR KEMANTREN I SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Salah satu metode pembelajaran yang dapat memberi kesempatan siswa untuk menerapkan pengetahuan organisasi pengetahuan dan mendorong siswa agar lebih berpikir kritis dan rasional. Selain itu dengan penerapan metode Herbart guru dapat memotivasi siswa dan mengetahui sejauh mana pemahaman siswa, karena dalam penerapannya guru menghubungkan pengetahuan yang telah diketahui atau dikuasai dengan mata pelajaran yang akan diberikan atau dipelajari.
Penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Herbart dan pemahaman siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam di SDN Banjar Kemantren I Sidoarjo. Serta bagaimana peranan penerapan metode Herbart dalam pemahaman siswa bidang studi pendidikan agama Islam di sekolah tersebut .
Bentuk penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif. Sedang proses pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui rumusan masalah pertama dan kedua digunakan rumus prosentase, dan untuk mengetahui rumusan masalah ketiga yaitu berperan tidaknya penerapan metode Herbart terhadap pemahaman siswa menggunakan rumus korelasi product moment. Setelah hasilnya diperoleh, maka jumlahnya diinterpretasikan pada tabel interpretasi product moment.
Adapun hasil penelitiannya menunjukkan bahwa penerapan metode Herbart berperan dalam pemahaman siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam. Hal ini terbukti dari perhitungan sebesar 0,510 setelah hasil tersebut diperoleh maka hasilnya. Diinterpretasikan dengan tabel interpretasi rentang 0,41-0,60 dengan indeks korelasi yang cukup atau sedang.
Disini dapat disimpulkan penerapan metode Herbart dapat meningkatkan pemahaman siswa di SDN Banjar Kemantren I Sidoarjo. Sebagai saran hendaknya seorang guru itu menggali dulu pengalaman dan kemampuan yang dimiliki siswa melalui tes lisan atau tertulis sebelum menyampaikan materi berikutnya. Dan beri siswa kesempatan berpikir kritis dengan cara membandingkan dan mencari persamaan apa yang dipelajari sekarang dengan kemampuan yang telah dimiliki.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Umi AzizatunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Uncontrolled Keywords: Herbart;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 16 Feb 2015 02:27
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8245

Actions (login required)

View Item View Item