Hubungan penerapan penilaian sikap terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Fuadatuz (2010) Hubungan penerapan penilaian sikap terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fuadatuz Zakiyah_D01205201.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pokok permasalahan yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1). Bagaimana penerapan penilaian sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik; (2). Bagaiaman hasil belajar siswa pada pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik; (3). Bagaimana hubungan penerapan penilaian sikap terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik. Dalam menjawab permasalahan tersebut, peneliti memilih jenis penelitian kuantitatif deskriptif, yaitu mengukur data dengan menggunakan angka-angka dan menggunakan tes skala likert dan observasi sebagai instrumen penelitian utama, serta purposive sampling dalam menentukan responden penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dokumentasi, dan tes. Setelah data terkumpul, untuk membuat kesimpulan atas permasalahan penelitian, peneliti menggunakan rumus mean atau nilai rata-rata untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua. Dan rumus Product Moment dengan
menggunakan Aplikasi SPSS 11,5 dan Aplikasi Microsoft Exel untuk mengetahui ada tidaknya hubungan penerapan penilaian sikap terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik. Adapun dari hasil analisa data, disimpulkan bahwa nilai rata-rata dari nilai
variabel pertama adalah 87,02, dengan demikian penerapan penilaian penilaian sikap pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik tergolong amat baik. Sedangkan nilai rata-rata dari variabel kedua adalah 87,3, dengan demikaian hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Negeri Gresik tergolong amat baik. Namun dari hasil analisa data variabel ketiga menunjukkan bahwa nilai koefisian korelasi antara variable x dengan variabel y adalah 0,125 dengan nilai Signya 0,417 di bandingkan dengan r hitung 0,125 dengan r tabel untuk dk : 44 (jumlah sampel) dikurangi 2 (jumlah variabel) = 42. Nilai tabel untuk kesalahan 5%:
0,304 dan 1% 0,393.Karena r hitung lebih kecil dari r tabel, maka berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Berarti tidak ada hubungan antara penilaian sikap terhadap hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, FuadatuzUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Pendidikan > Hasil Belajar
Uncontrolled Keywords: Sikap; Hasil Belajar; Aqidah Akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 17 Jun 2019 07:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/8239

Actions (login required)

View Item View Item